Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Penguatan Budaya Kementerian Keuangan dalam Forum Sanger Kanwil DJKN Aceh
Feliza Tania
Kamis, 22 Desember 2022   |   64 kali

Seperti hari Kamis pada umumnya, Forum Sanger (Sama-Sama Ngerti) kembali diadakan hari ini, 22 Desember 2022. Pada kesempatan kali ini, Tim Duta Trasnformasi Kanwil DJKN Aceh unjuk gigi. Tim yang berasal dari Kanwil DJKN Aceh, KPKNL Banda Aceh, dan KPKNL Lhokseumawe ini berkolaborasi membawakan materi-materi yang tidak kalah menarik dari Forum Sanger sebelumnya. Acara dibuka oleh MC, kemudian masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi oleh para narasumber.

 

Pemateri pertama dimulai oleh Riyanieta Setiya Putri, Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Banda Aceh. Wanita yang akrab disapa Nieta ini membawakan materi terkait Budaya Kemenkeu, kata yang sangat akrab di telinga para pegawai Kementerian Keuangan. Nieta mengawali terlebih dahulu dengan visi dan misi Kementerian Keuangan yang berkaitan dengan sifat kepemimpinan yang harus dimiliki oleh pemimpin tertinggi agar terciptanya perubahan. Kemudian dilanjut dengan Tugas dan Fungsi ASN beserta Nilai-Nilai Kemenkeu, yang didalamnya terdapat unsur Kementerian Keuangan yakni “pelayan publik”, dimana ini harus dijalankan oleh ASN dan juga PPNPN.  Urgensi penguatan budaya pun dibahas oleh Nieta, yang dimulai dari pendekatan antara atasan dan bawahan, pelanggaran disiplin yang ada, perilaku negatif sebagian pegawai, serta referensi penguatan budaya itu sendiri.

 

Materi kedua berjudul Lingkup Budaya Kemenkeu, yang dibawakan oleh Kepala Seksi Tata Usaha dan Rumah Tangga Kanwil DJKN Aceh, Fiefah. Melanjutkan materi dari Nieta sebelumnya, Fiefah memulai materi dengan pengertian dari lingkup budaya dan lingkup budaya Kemenkeu, proses terbentuknya budaya, ekosistem budaya Kemenkeu yang dihubungkan dengan Nilai-Nilai Kemenkeu dan Core Values ASN, sikap dasar dan perilaku efektif yang dapat dijadikan pedoman di lingkungan kerja sehari-hari, serta branding budaya Kemenkeu terbaru yaitu Kemenkeu Satu.

 

Pemateri terakhir adalah Wely Putri Melati, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Lhokseumawe. Wely membawakan materi berjudul Teknik Presentasi yang Efektif dan Menarik. Wely mengulas terlebih dahulu terkait tantangan dalam presentasi, kemudian cara mengatasi rasa cemas dalam presentasi seperti mempersiapkan diri dengan baik, memahami audiens, dan mampu menguasai diri dengan baik. Tak hanya itu, Wely juga memaparkan cara mempersiapkan bagian-bagian dari presentasi dengan baik seperti Opening dengan cara memperkenalkan diri dengan menyenangkan, Main Body dengan mempersiapkan materi yang jelas tetapi tidak membosankan, serta bagian Closing dengan memperhatikan rumus 3V yaitu visual, vocal, dan verbal.


Forum Sanger yang tidak hanya terkait tusi membawa banyak sekali pengetahuan bagi para pegawai dan PPNPN di lingkup Kanwil DJKN Aceh, yang sejatinya dapat diterapkan pada lingkungan kerja sehari-hari. Semoga Forum Sanger dapat terus berkembang dan menjadi manfaat bagi jajaran Kanwil DJKN Aceh.

 

Narasi/Foto : Feliza/Mateus.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan T. Hamzah Bendahara, Desa Mon Geudong, Kota Lhokseumawe, 24351, Pengaduan : Whatsapp 082164814600
(0645) 631600
(0645) 631234
kpknllhokseumawe@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini