Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lhokseumawe > Berita
Webinar Change Management: Together We Change, Together We Transform!
Feliza Tania
Rabu, 26 Oktober 2022   |   122 kali

Dalam rangka menyemarakkan HORI (Hari Oeang Republik Indonesia) ke 76 tahun, pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan webinar series #3 Change Management, yang bertemakan Together We Change, Together We Transform. Webinar ini merupakan rangkaian ke-3 dari Change Management, yang mengangkat topik berbeda pada setiap pelaksanaannya. Acara ini diselenggarakan secara kolaboratif antara DJKN Muda dan PMO DJKN, dan dipandu oleh Kepala Subbagian Pengembangan SDM dan Kepemipinan Sekretariat DJKN.

 

Keynote Speech dibawakan oleh Plt. Direktur Transformasi dan Sistem Informasi DJKN, Joko Prihanto. Joko menyampaikan, digitalisasi dalam proses bisnis semakin berkembang dengan adanya pandemi COVID-19. Namun, perkembangan ini haruslah dikelola dengan baik agar dapat memperkuat kapasitas dan kualitas dari organisasi. Banyak sekali kekurangan yang ada pada transformasi ini, maka, Change Management Program lahir untuk memitigasi risiko-risiko yang ada. Dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak, lintas unit, lintas eselon, dan lintas generasi agar dapat mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. Joko berharap setiap pegawai mampu menerapkan Change Management agar mampu membawa organisasi menjadi lebih adaptif, dan senantiasa memberikan pelayanan dan kontribusi terbaik.

 

Masuk ke acara inti yakni pemaparan materi yang dipandu oleh Evan Widyatama, Kepala Subbagian Pengembangan SDM dan Kepemipinan Sekretariat DJKN, sebagai moderator. Pemateri pertama adalah Millian Ikhsan, Change Management Advisor dan Co-Founder Asture Solutions. Ia menjelaskan mengapa Change Management dibutuhkan dalam suatu oraganisasi, yakni dikarenakan untuk mengejar peforma baru yang disebabkan semakin berkembangnya digitalisasi. Tak hanya itu, model-model dari Change Management yang dapat diterapkan, perubahan individu dalam menghadapi perkembangan, serta perubahan leadership dan tools guna mengelola perkembangan yang ada juga dijelaskan dengan rinci oleh Ikhsan. Pria yang akrab disapa Koko ini juga menjelaskan Change Management Implementation, hal yang paling pasti terjadi seperti change impact, dan bagaimana caranya membangun Change-Ready Mindset yang sangat dibutuhkan bagi organisasi.

 

Pemateri kedua adalah Change Management Officer II, CTO, Elang Tomi Ariefianto. Pria yang biasa disapa Tomi ini mengemukakan terkait latar belakang dan arah transformasi kementerian keuangan, yang tentunya berkaitan dengan penerimaan negara, transformasi digital yang ada di kementerian keuangan serta implementasi dari tools yang ada, pengaturan dan penjelasan squad team,  serta pengelolaan konsolidasi jabatan fungsional Kementerian Keuangan yang masih dalam proses pengembangan. Dalam hal digitalasi dan transformasi proses bisnis, Tomi juga membahas terkait Kemenkeu Satu, seperti dasar pembentukan Kemenkeu Satu, penguatan kolaborasi budaya dan sistem dari antar eselon, serta program kerja dari Kemenkeu Satu yang dianggap dapat menjadi perubahan Kementerian Keuangan kearah yang lebih baik. Pada materi kali ini, Tomi lebih menekankan proses digitalisasi bisnis dari segi Kementerian Keuangan.

 

Narasumber terakhir adalah Suryawan Putra Hia, Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta. Ia menjelaskan terkait syarat perubahan yang merupakan awal dalam memulai Change Management, serta transformasi dan digital yang dialami dari PT KAI, seperti struktur organisasi, peraturan dinas, peningkatan kualitas layanan, fokus peningkatan pendapatan, peningkatan kesejahteraan, sistem reward dan punishment, new brand, perekrutan pegawai professional, benchmark, transformasi digital, monitoring kinerja terukur, informasi yang masif, penekanan, serta karakter dari pemimpin perubahan. Suryawan mengungkapkan bahwa dalam melakukan perubahan kita dituntut untuk bertindak cepat dan tepat. Pada penyampaian kali ini, Suryawan lebih menitikberatkan kiat-kiat dalam transformasi dan digitalisasi bisnis dari pengalaman PT KAI.

 

Komitmen adalah hal yang penting, tidak akan ada perubahan jika tidak ada komitmen, begitu pula sebaliknya, pastilah ada perubahan jika kita berkomitmen tinggi. Kita, Kementerian Keuangan perlu dan siap untuk membangun Change-Ready Mindset dalam rangka mewujudkan Change-Ready People dengan semangat Kemenkeu Satu.

 

Narasi : Feliza.

Kontak
Jalan T. Hamzah Bendahara, Desa Mon Geudong, Kota Lhokseumawe, 24351, Pengaduan : Whatsapp 082164814600
(0645) 631600
(0645) 631234
kpknllhokseumawe@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini