Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Sinergi Kemenkeu Satu Guna Mendukung Pengembangan UMKM di Kab. Asahan
Yusuf Dwenva Gulo
Kamis, 11 Mei 2023   |   183 kali

Pada hari Selasa, 9 Mei 2023 Kemenkeu Satu melakukan sinergi dan koordinasi dengan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) guna mendukung pengembangan UMKM Kab.Asahan . Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara II, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran, Kepala Kantor Pajak Pratama Kisaran, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP C Kuala Tanjung serta diikuti langsung oleh Vice-President PT. Inalum (Persero).

Koordinasi ini merupakan kegiatan lanjutan dari rapat koordinasi yang dilakukan pada hari Senin 8 Mei 2023 di KPKNL Kisaran yang membahas mengenai upaya yang dapat dilakukan agar UMKM di Kabupaten Asahan dapat berkembang dan maju. Hal ini sejalan dengan implementasi Inisiatif Strategis Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu, yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 396/KMK.01/2022 tentang Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan. Sebagai tindak lanjut dari KMK Nomor 396/KMK.01/2022 tersebut, telah ditetapkan Kebijakan Program UMKM Kementerian Keuangan Satu. Kebijakan ini menjadi pedoman bagi Satuan Kerja pada Kementerian Keuangan untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM.

Sebelum melakukan pembahasan mengenai UMKM , Kemenkeu Satu diberikan kesempatan untuk melakukan Site-Visit untuk melihat secara langsung proses bisnis dari PT.Inalum (Persero)

Koordinasi ini telah berhasil menyampaikan Spirit dari Kemenkeu One dalam upaya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia khususnya di Kab.Asahan melalui Pemanfaatan BMN yaitu pembangunan pusat jajanan dan oleh-oleh di area KPKNL Kisaran kepada PT Inalum Kabupaten Batubara untuk melakukan kerja sama pemanfaatan BMN. Koordinasi ini semakin memberikan gambaran yang jelas  mengenai langkah yang semestinya diambil bersama agar UMKM di Kabupaten Asahan naik kelas. Sinergi Kementerian Keuangan Satu dengan PT.Inalum(Persero) ini akan terus berlanjut sampai rencana untuk memajukan UMKM ini terwujud.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520
kpknlkisaran@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini