Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Rapat Koordinasi Memajukan UMKM di Kabupaten Asahan dan Pembahasan Rencana Pemanfaatan BMN Untuk Mendukung UMKM
Yusuf Dwenva Gulo
Rabu, 10 Mei 2023   |   150 kali

Pada hari Senin, 8 Mei 2023 dilaksanakan Rapat Koordinasi Lelang UMKM dan Pembahasan Rencana Pemanfaatan BMN Untuk Mendukung UMKM di Aula Rapat Lantai 2 KPKNL Kisaran. Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran, Kepala Kantor Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kisaran berserta tim, Kepala Kantor Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung beserta tim, Kepala Subbagian Umum Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Tanjung Balai, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Asahan beserta tim, Ketua Rumah Kreatif Kabupaten Asahan dan tim, Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Kisaran, dan Tim KOIN KPKNL Kisaran.

Rapat koordinasi ini merupakan sinergi antara Kementerian Keuangan Satu di wilayah Kabupaten Asahan dan Kota Tanjung balai dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dan Rumah Kreatif Kabupaten Asahan. Rapat Koordinasi ini membahas mengenai upaya yang dapat dilakukan agar UMKM di Kabupaten Asahan dapat berkembang dan maju. Hal ini sejalan dengan implementasi Inisiatif Strategis Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu, yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 396/KMK.01/2022 tentang Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan. Sebagai tindak lanjut dari KMK Nomor 396/KMK.01/2022 tersebut, telah ditetapkan Kebijakan Program UMKM Kementerian Keuangan Satu. Kebijakan ini menjadi pedoman bagi Satuan Kerja pada Kementerian Keuangan untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM.

Hasil dari rapat koordinasi ini adalah adanya tindak lanjut dari Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Asahan untuk melakukan pendataan secara menyeluruh kepada semua UMKM di Kabupaten Asahan agar dapat dilakukan langkah selanjutnya. Rencana Pemanfaatan BMN yaitu pembangunan pusat jajanan dan oleh-oleh di area KPKNL Kisaran akan ditindaklanjuti dengan melakukan pengajuan proposal kepada PT Inalum Kabupaten Batubara untuk melakukan kerja sama pemanfaatan BMN. Potensi dari Kabupaten Asahan untuk semakin maju ke depannya terbuka lebar dengan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Kabupaten Asahan dengan Kota Medan. Keadaan tersebut dapat terus dimanfaatkan untuk memajukan UMKM.  Rapat ini semakin memberikan gambaran yang jelas  mengenai langkah yang semestinya diambil bersama agar UMKM di Kabupaten Asahan naik kelas. Sinergi Kementerian Keuangan Satu dengan Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Asahan beserta tim serta Rumah Kreatif Kabupaten Asahan ini akan terus berlanjut sampai rencana untuk memajukan UMKM ini terwujud. (Tim Humas KPKNL Kisaran)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520
kpknlkisaran@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini