Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
KPKNL Jember Selenggarakan Sosialisasi Pengelolaan BMN
Dedy Sasongko
Rabu, 02 Agustus 2023   |   74 kali

Jember, (02/08), Plh. Kepala KPKNL Jember, Novan Prihendarto membuka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Negara. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait proses penilaian asset untuk pemanfaatan berupa sewa maupun penghapusan dengan tindaklanjut penjualan secara lelang. Selain itu sosialisasi juga menjelaskan pengukuran tingkat penggunaan BMN dengan SBSK yang bertujuan untuk  meningkatkan peran BMN terhadap efisiensi anggaran belanja terutama yang terkait dengan barang modal/BMN dan mendorong peningkatan penerimaan negara melalui PNBP yang bersumber dari pengelolaan BMN.  Kegiatan yang dilaksanakan di Aula KPKNL Jember dihadiri oleh stakeholder dilingkungan Makamah Agung, Kejaksaaan Agung dan Perhubungan  yang menjadi kelolaan KPKNL Jember 


”Kami harapkan dengan sosialisasi ini, Satker dapat lebih memahami tujuan dilaksanakannya SBSK dan apa saja yang harus disiapkan sehingga pada saat dilaksanakan pengukuran SBSK oleh KPKNL Jember satker sudah siap”, jelas Novan.  Melalui SBSK dapat diketahui kebutuhan satker sehingga apabila ada kelebihan ruangan dapat dimanfaatkan untuk disewakan ke pihak lain dan hal ini berarti ada PNBP yang masuk.


Dalam kesempatan tersebut, I Ketut Sujana selaku Pejabat Fungsional Penilai Muda KPKNL Jember menjelaskan penilaian dimulai dari pengertian, perbedaan nilai dan harga serta proses penilaian itu sendiri. Ketut mengharapkan untuk penilaian asset berupa kendaraan yang diajukan untuk penghapusan pihak satker dapat melaksanakan penilaiannya sendiri dan apabila ada yang perlu dikonsultasikan dapat langsung dikoordinasikan dengan KPKNL Jember bisa melalui telepon atau langsung datang ke KPKNL Jember.

 

Selanjutnya, materi pelaksanaan Pengukuran Tingkat Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK Tahun 2023 oleh Sigit selaku pelaksana Seksi PKN KPKNL Jember. Sigit memaparkan ketentuan  luasan ruang dari pejabat struktural eselon III, IV, V, Jabatan Fungsional sampai dengan pelaksana. “KPKNL Jember  akan mendatangi satker yang telah ditentukan untuk dihitung BMN nya apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan hasilnya akan dilaporkan di tingkat wilayah” kata Sigit.


Acara Sosialisasi Pengelolaan BMN ditutup oleh Shoim Rachmanto Kepala Seksi PKN KPKNL Jember yang menyampaikan tujuan pengukuran SBSK adalah agar kedepannya kebutuhan ruang untuk para pegawai dapat berjalan optimal sehingga kebutuhan anggaran untuk perawatan kantor semakin efisien. (Humas KPKNL Jember)

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Slamet Riyadi No. 344 A Jember - 68117
(0331) 428758
(0331) 428760
kpknljember@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini