Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V > Berita
Rp85 Miliar Kredit Macet Bank DKI Diselesaikan Lewat Lelang
N/a
Selasa, 21 Juni 2016   |   1462 kali

Jakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V berhasil melaksanakan lelang  eksekusi Hak Tanggungan atas permohonan PT Bank DKI pada 16 Juni 2016.  Objek yang dilelang adalah Rumah Mewah (Tanah dan bangunan) seluas 893 m2 di Menteng Jakarta Pusat dengan pokok lelang Rp85 Miliar. Lelang melalui e-Auction ini diadakan secara closed bidding (pengajuan penawaran tertutup-red)

Keberhasilan lelang ini adalah hasil kerjasama yang baik antara KPKNL bersama PT. Bank DKI selaku kreditor yang mengambil alih jaminan debitur melalui mekanisme penjualan secara lelang. “ Semula memang sulit meyakinkan kreditor untuk melakukan pengambilalihan aset. Namun, berkat koordinasi yang intensif dan sosialisasi kepada pihak pemohon lelang akhirnya lelang ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta V Palomes Tampubolon.

Eni Yuniarni selaku Pj. Pemimpin Grup Pengelolaan Aset Khusus pada PT. Bank DKI menyampaikan aset ini sebelumnya telah 8 kali lelang dengan hasil tidak ada peminat. Karena tidak ada  upaya konkret debitor untuk menyelesaikan hutangnya, maka pihak PT. Bank  DKI mempertimbangkan untuk melakukan pengambilalihan asset (AYDA) terhadap obyek jaminan tersebut.

Hal ini sangat mendesak mengingat beban target yang ada pada PT. Bank DKI dalam penyelesaian kredit macet guna menekan non performing loan (NPL) di PT. Bank DKI. Akhirnya pada Lelang ke sembilan, mekanisme AYDA melalui lelang yang pertama kali di PT. Bank DKI ini akhirnya terealisasi.

Kepala KPKNL Jakarta V Sugiwanto menyampaikan apresiasi atas keberhasilan pelaksanaan lelang ini karena telah memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap pencapaian target pokok lelang, yang sampai dengan minggu ketiga  bulan Juni 2016 telah mencapai 181,64% dari target Q2 yang telah ditetapkan. (Sie Pelayanan lelang/Editor Mizan)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini