Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta III > Berita
Kuatkan Sinergi Melalui Pembinaan di Bidang Penilaian
Muhamad Rizkiana Gumilang
Kamis, 04 November 2021   |   186 kali

Jakarta – Rabu, (04-11-2021) Bidang Penilaian Kanwil DJKN DKI Jakarta melaksanakan kunjungan kerja ke KPKNL Jakarta III. Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan pembinaan yang merupakan bagian dari tugas dan fungsi Kanwil sebagai pembina KPKNL dalam wilayahnya. Selain itu, kegiatan pembinaan adalah bentuk penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan khususnya dalam nilai Sinergi. Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam kegiatan ini antara lain, sudut pandang pegawai terkait penilaian, penyamaan persepsi tentang peraturan dan kebijakan penilaian, monitoring dan evaluasi capaian target, dan pemecahan masalah yang dijumpai dalam proses penilaian di lapangan.

Sebagaimana yang tengah dialami saat ini, kondisi pandemi covid-19 telah menjadi salah satu faktor penghambat dalam proses penilaian. Dalam beberapa hal, peraturan di bidang penilaian tidak dapat dilaksanakan secara ideal, tetapi kualitas dan keandalan laporan penilaian harus tetap dapat dipertangungjawabkan. Dalam melaksanakan proses penilaian, terdapat tiga prinsip yang harus diperhatikan oleh penilai antara lain: reasonable, yaitu nilai yang dihasilkan masuk akal dan sesuai dengan data pasar, bukan asumsi penilai yang membentuk nilai pasar; consistent, yaitu setiap penilai harus mampu menerapkan konsistensi dalam penerapan kaidah-kaidah dan teori umum penilaian; reliable, yaitu laporan penilaian yang berkualitas adalah jika bebas dari informasi yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sehingga data yang digunakan dalam proses penilaian harus jujur, akurat, serta aktual.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan oleh Kepala Bidang Penilaian, Tutik Kurniasih, dan Kepala Seksi Penilaian II, Santos. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Penilaian dengan diawali perkenalan. Sosok yang mulai menjabat sebagai Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN DKI Jakarta sejak pertengahan Oktober 2021 ini bermaksud untuk lebih mengenal para punggawa penilaian yang bertugas di KPKNL Jakarta III. Selama perkenalan Tutik terlihat sangat akrab dan disambut secara hangat pula oleh seluruh pegawai Seksi Pelayanan Penilaian.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi capaian penilaian pada KPKNL Jakarta III. Berdasarkan hasil kaji ulang yang dilaksanakan Kanwil DJKN DKI Jakarta atas laporan penilaian dari KPKNL Jakarta III, tingkat kepatuhan atas standar prosedur dan kelengkapan dokumen laporan penilaian di KPKNL Jakarta III sudah sangat baik dan terus mengalami peningkatan di setiap periode palaporannya, Pada Triwulan I dan Triwulan II masih terdapat laporan yang masuk kategori III, tetapi pada Triwulan III beberapa kesalahan tersebut telah berkurang, dan diharapkan pada Triwulan IV tetap dipertahankan tanpa kesalahan.

Selanjutnya dalam sesi diskusi terkait permasalahan dan pengalaman penilaian di KPKNL Jakarta III, beberapa masukan disampaikan oleh Fungsional Penilai Pemerintah, pejabat dan pegawai di seksi pelayanan penilaian yaitu mengenai penyamaan pemahaman terkait metode penilaian, penyesuaian-penyesuaian yang digunakan, penyusunan model ATM, penilaian gratifikasi, dan penilaian Menara telekomunikasi.

Menjelang akhir sesi diskusi, proses tukar pikirian antar para pegawai menjadi semakin hangat. Tim penilai menyampaikan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penilaian. Sakti, Fungsional Penilai Pemerintah Pertama menjelaskan pengalamannya saat melakukan penilaian BMN eks barang gratifikasi, terkait penyesuain-penyesuaian yang dapat digunakan. Mela Laras, Fungsional Penilai Pemerintah Pertama menyampaikan usulan agar untuk penilaian Menara telekomunikasi dapat dibuat pemodelan seperti halnya pada penilaian ATM.

Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Edy Saefrudin menuturkan, “Di sisa tahun 2021 ini, KPKNL Jakarta III berkomitmen untuk mengupayakan yang terbaik dalam pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan. Kemudian di tahun selanjutnya, 2022, akan berusaha meningkatkan kapasitas dan kualitas penilaian demi mewujudkan good governence melalui pelayanan publik”.

Teks/Foto: Rizgum
 Editor: Edy Saefrudin

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 (dahulu Jl.Prapatan Nomor 10), Senen, Jakarta Pusat - 10410
(021) 3454860
(021) 3848058
kpknljakarta3@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini