Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Artikel
Inovasi KPKNL Gorontalo dalam Penggunaan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Layanan Publik
Yus Iriyanto Ilahude
Kamis, 28 Maret 2024   |   47 kali

Saat ini penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik menjadi semakin penting dalam meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat menuntut setiap badan publik untuk beradaptasi dan bisa menerapkan semua layanannya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi yang menjadi tuntutan pengguna jasa yaitu pelayanan publik secara daring (online).

KPKNL Gorontalo sebagai salah satu badan publik yang berada dibawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan telah menggunakan teknologi informasi dalam setiap operasional maupun pelayanannya. Kementerian Keuangan menyadari pentingnya penerapan teknologi informasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya menjadi pengelola keuangan dan kekayaan negara. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Keuangan memiliki Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) yang mengelola kebutuhan dan pemenuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Kemenkeu secara umum. Untuk lingkup DJKN sendiri, saat ini pengelolaan teknologi informasi dijalankan oleh Direktorat Transformasi dan Sistem Informasi (TSI) yang memiliki tugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang transformasi dan sistem informasi.

Secara umum KPKNL Gorontalo sebagai kantor vertikal DJKN di daerah diharuskan menggunakan teknologi informasi berupa aplikasi yang dikeluarkan oleh Pusintek yang berlaku di seluruh unit Kementerian Keuangan maupun aplikasi yang terbatas digunakan dalam lingkup DJKN yang dikembangkan oleh Direktorat TSI. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup layanan internal maupun eksternal yang beberapa diantaranya terintegrasi satu sama lain karena keterkaitan data dan tujuan pekerjaan.

Aplikasi-aplikasi tersebut dikembangkan agar seluruh unit Kementerian Keuangan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa terutama pihak eksternal. Namun demikian, unit vertikal merasa masih terdapat aplikasi yang sudah tersedia tersebut belum sempurna atau masih terdapat layanan yang belum tercover. Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan dipaparkan dua inovasi berupa aplikasi yang dikembangkan oleh KPKNL Gorontalo dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih lengkap khususnya kepada pengguna jasa di wilayah kerja KPKNL Gorontalo.

 

LEGO (LELANG GORONTALO)

Salah satu layanan DJKN yang sering digunakan oleh masyarakat adalah layanan lelang. Sejak tahun 2015, DJKN berinovasi dengan meluncurkan Aplikasi Lelang yang memudahkan peserta lelang untuk memperoleh informasi dan mengikuti proses lelang tanpa harus hadir secara fisik di tempat lelang. Saat ini hampir seluruh pelaksanaan lelang dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Lelang yang bisa diakses melalui portal lelang Indonesia (lelang.go.id) maupun aplikasi mobile. Khusus untuk KPKNL Gorontalo, sejak tahun 2021 seluruh pelaksanaan lelang telah dilaksanakan secara daring.

Namun, KPKNL Gorontalo menganggap masih terdapat layanan lelang yang belum tercakup dalam Aplikasi Lelang tersebut, khususnya pada tahapan pra dan pasca lelang. Oleh karena itu untuk menjembatani agar layanan pada tahapan pra dan pasca lelang juga dapat diakses secara daring, KPKNL Gorontalo melakukan inovasi berupa Aplikasi LEGO (Lelang Gorontalo) yang diluncurkan pada Mei 2022 lalu. Aplikasi LEGO ini berbasis android yang diunduh oleh pengguna layanan pada Google Play Store.

Layanan pra lelang yang bisa diakses oleh pengguna jasa pada Aplikasi LEGO diantaranya :

1.     E-Konsultasi dan panduan permohonan lelang daring (step by step dan template dokumen) bagi Satker/masyarakat melalui WhatsApp Bisnis, Zoom, Google Meet, dsb.

2.     Bantuan cek Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) – Online

3.     E-tutorial permohonan, pelaksanaan dan layanan

Sedangkan layanan pasca lelang yang bisa diperoleh diantaranya :

1.     Permohonan online Kutipan Risalah Lelang bagi Pembeli Lelang dan informasi progress penyelesaian yang dapat dipantau oleh pemohon

2.     Permohonan online Kwitansi Lelang bagi Pembeli Lelang dan informasi progress penyelesaian yang dapat dipantau oleh pemohon

3.     Permohonan online BPHTB bagi Pembeli lelang Tanah/Bangunan

Selain itu terdapat layanan lainnya terkait lelang seperti Simulasi perhitungan bea lelang, E-Form Survey Kepuasan Pelayanan Lelang sebagai bagian dari evaluasi terhadap layanan lelang yang diberikan oleh KPKNL Gorontalo, dan fitur akses langsung ke Whatsapp (WA) Layanan Terpadu KPKNL Gorontalo.

Dengan adanya Aplikasi LEGO, pelayanan dapat diberikan secara efektif dan efisien sehingga pengguna jasa KPKNL Gorontalo tidak perlu lagi berulang kali datang ke KPKNL hanya untuk mengecek progres permohonan atau untuk sekedar konsultasi. Inovasi KPKNL melalui Aplikasi LEGO mendapat apresiasi dengan meraih Peringkat Pertama sebagai Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN) Tahun 2023 lalu.

 

VIRGO (VIRTUAL OFFICE KPKNL GORONTALO)

VIRGO (Virtual Office KPKNL Gorontalo), merupakan inovasi pelayanan yang dikembangkan tahun 2023 dan ditujukan sebagai bentuk peningkatan layanan, kemudahan akses pelayanan, dan bentuk kantor pelayanan masa depan yang memungkinkan pengguna layanan dapat mengakses informasi, permintaan pelayanan dalam sebuah kantor virtual tanpa harus hadir secara fisik.

Dengan menggunakan avatar (representasi virtual dari pengguna layanan), pengguna layanan diberikan pengalaman yang menarik untuk dapat menjelajahi layanan KPKNL Gorontalo baik secara mandiri maupun secara interaksi langsung dengan pegawai KPKNL Gorontalo yang menggunakan avatar juga. Penggunaan avatar dan virtual office untuk pemberian layanan memiliki prospek yang sangat besar di masa depan karena metaverse sangat mungkin dimanfaatkan dalam 5 tahun kedepan.

Dengan memberikan akses virtual office melalui aplikasi Frame VR (https://framevr.io/fgc-vlynah) dalam pemberian informasi dan layanan yang belum diakomodir secara sistem online, VIRGO memangkas waktu dan jarak dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terintegrasi dengan aplikasi DJKN lainnya. Penggunaan VIRGO merupakan adaptasi terhadap perubahan yang dapat memangkas biaya yang mungkin timbul dari adanya pemberian/permintaan layanan (biaya perjalanan, biaya perantara). Selain itu, VIRGO diharapkan meningkatan customer experience, kepuasan pengguna layanan dan keberlanjutan untuk peningkatan layanan. Pada Februari 2024 lalu, VIRGO terpilih menjadi salah satu inovasi yang mewakili Kementerian Keuangan dalam ajang The 2023 OECD Call For Innovation In Public Services.

Demikianlah dua contoh inovasi yang dikembangkan KPKNL Gorontalo dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan informasi publik. Aplikasi LEGO dan VIRGO sangat mungkin dapat diadaptasi KPKNL lain, dan tidak menutup kemungkinan dapat diadaptasi juga oleh satuan kerja lainnya dengan melakukan penyesuaian sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing yang tujuan akhirnya adalah memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik di wilayah kerja masing-masing.

 

Penulis: Yus Iriyanto Ilahude – Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Gorontalo

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini