Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Pita Hitam pada Upacara Hari Oeang ke -72
Anike Dessa Ispridevi
Selasa, 30 Oktober 2018   |   265 kali

Dumai – 30 Oktober 2018. Pegawai Kementerian Keuangan  di wilayah kota Dumai mengikuti Upacara Hari Oeang ke-72 bertempat di Lapangan Upacara Kantor Pengawasan dan Pelayanan  Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Dumai. Upacara memperingati Hari Oeang Republik Indonesia ke-72 ini bertemakan “Kemenkeu Berbakti Pada Negeri”.

Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai yang mengikuti upacara sebanyak 20 orang.  Ada sedikit yang berbeda dari peringatan Hari Oeang ini, dimana peserta memakai pita hitam di lengan kirinya dan khusus bagi yang berhijab, setelan kerudung hitam mereka sandingkan dengan bawahan putih-hitam sebagai tanda berkabung atas kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610.

Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB dibuka oleh Pemimpin Upacara Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Dumai, Ahmar Rudi. Diiringi lagu Indonesia Raya pengibaran Sang Saka Merah Putih membangkitkan semangat seluruh peserta upacara. Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta mengingat jasa-jasa pahlawan Kemerdekaan dan sembari mendoakan rekan-rekan pegawai Kementerian Keuangan yang menjadi  korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 Jakarta-Tanjung Pinang.

Berbalut busana hitam putih berpita hitam di lengan kiri suasana upacara Sumpah Pemuda dan Hari Oeang ke-72 terasa lebih khidmat. Barisan pegawai Kemenkeu berbaur menjadi satu tanpa berbatas instansi, ini menjadi simbol saling menguatkan dan saling menyokong.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pembacaan teks Sumpah Pemuda dan pembacaan teks Mengenang Detik-Detik Beredarnya Uang Republik Indonesia.

Pemimpin Upacara membacakan sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani I. Dalam sambutan tersebut dimulai dengan meminta seluruh peserta bersama-sama menundukkan kepala dan mendoakan teman-teman kita jajaran kementerian yang menjadi korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610, “Mereka telah menjadi sumber inspirasi kita semua  dalam menjalankan tugas”.

Mengutip dari sambutan Menteri Keuangan “Hari ini 72 tahun yang lalu menjadi salah satu penanda berakhirnya masa yang penuh dengan penderitaan dan kesukaran bagi rakyat kita, dan menuju bangsa yang merdeka dan berdaulat. Seluruh jajaran Kementerian Keuangan dituntut untuk selalu bekerja keras dan ikhlas mengelola keuangan dan kekayaan negara demi menjaga kedaulatan bangsa Indonesia seperti yang telah diteladankan oleh para pendahulu kita.”

Menteri Keuangan juga berpesan  agar seluruh jajaran pegawai  Kementerian Keuangan diminta untuk terus fokus mengelola APBN yang sehat dan efektif dalam mencapai target-target pembangunan. Jajaran Kementerian Keuangan juga dituntut untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik dengan segenap pemangku kepentingan secara efektif dan terpercaya.  Karena Komunikasi publik yang efektif dapat meningkatkan pemahaman masyarakat, mewujudkan dukungan publik pada kebijakan pembangunan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengambil peran dalam pembangunan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat terlibat dan berpartisipasi aktif dalam implementasi kebijakan dan ikut mengawasi jalannya pemerintahan.

Sambutan ditutup dengan ucapan Selamat Hari Oeang ke-72.

Teks&foto : anike dessa ispridevi / HI KPKNL Dumai

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini