Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
MENTAL, FISIK DAN DISIPLIN KPKNL DUMAI
Desy Agustin
Jum'at, 24 Agustus 2018   |   763 kali

Dumai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Dumai melaksanakan kegiatan pelatihan Mental, Fisik dan Disiplin (MFD)   bagi para  petugas keamanan, petugas kebersihan dan sopir yang bertempat di lapangan KPKNL Dumai pada hari Jum’at tanggal 10 Agustus 2018.

Setiap hari Jum’at nya KPKNL Dumai rutin mengadakan kegiatan Jum’at Sehat berupa kegiatan olah raga senam dan bola volly ataupun Futsal. Namun, ada yang berbeda pada kegiatan Jum’at Sehat kali ini, selain ada kegiatan olah raga juga ada kegiatan mental, fisik dan disiplin bagi para  petugas keamanan, petugas kebersihan dan sopir.

Aris Mian, Kepala Subbagian Umum KPKNL Dumai menuturkan bahwa kegiatan MFD ini bertujuan untuk meningkatkan sikap profesionalisme petugas keamanan, kebersihan dan sopir. Sikap profesional ini meliputi aspek sikap mental, pengetahuan dan tentunya fisik yang sehat guna menunjang kontribusi para petugas dalam pekerjaan sehari-hari secara optimal.

Kegiatan MFD yang dimulai pukul 08.00 ini dibuka oleh Dirmanti Jaya, Kepala KPKNL Dumai.  Dirmanti menyampaikan bahwa petugas kemananan merupakan ujung tombak keamanan. Petugas keamanan harus memiliki jiwa kedisipilinan dan profesionalisme yang tinggi dalam melayani stakeholder. Dirmanti berpesan agar semua peserta mengikuti MFD dengan serius, disiplin dan bertanggung jawab.

Pelatih  MFD yang berasal dari unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini memberikan pelatihan yang diawali dengan kegiatan baris-berbaris. Menurut pelatih, baris berbaris mempunyai tujuan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, disiplin, tanggung jawab.

Selanjutnya kegiatan di bagi menjadi 2 (dua) grup yang memisahkan petugas keamanan dengan petugas kebersihan dan sopir. Grup pertama, petugas keamanan mendapat pelatihan menggunakan alat berupa tongkat dan borgol. Sedangkan grup kedua yang terdiri dari  petugas kebersihan dan sopir diberikan  pengetahuan bagaimana menjadi petugas yang baik bagi organisasi.

Tongkat merupakan alat pertahanan diri bagi petugas keamanan. Latihan menggunakan tongkat ini bermanfaat untuk meningkat kemampuan gerakan-gerakan pertahanan diri dengan menggunakan beberapa strategi dalam penggunaannya. Selain diajarkan dalam penggunaan tongkat, petugas juga diajarkan bagaimana menggunakan borgol. Menurut pelatih borgol dapat difungsikan seperti gerakan-gerakan menggunakan tongkat. Peserta berlatih secara berpasangan berperan sebagai penyerang dan bagaimana cara mempertahankan diri.

Antusiasme para peserta MFD terlihat dari semangat dan kedisplinan peserta dalam menjalani pelatihan kedisplinan. Menurut salah satu peserta petugas keamanan bernama Yadi, “MFD sangat bermanfaat untuk kami dalam meningkatkan skill dibidang pengamanan”.

Kegiatan MFD berakhir pada pukul 10.00 WIB. Pada sambutan penutupnya Dirmanti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para Pelatih yang telah memberikan waktu dan kesempatannya untuk mengisi pelatihan ini dan kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan MFD ini dengan baik hingga kegiatan selesai.

(Narasi : Iling Saidah dan Desy Agustin , Dokumentasi : Anike Dessa Ispridevi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini