Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Gali Potensi Lelang Produk UMKM Dari Cirebon sampai Kuningan
Rohman Juani
Rabu, 31 Januari 2024   |   42 kali

Cirebon-Kuningan - Dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa, perekonomian Kabupaten Cirebon ditopang oleh lebih dari 31.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kabupaten yang terletak di ketinggian 768 m ini cocok untuk ditanami tanaman perkebunan. Ubi sebagai salah satu hasil bumi di Kuningan dapat diolah dengan baik menjadi keripik yang menarik.

Senin (29/01), Tim Lelang UMKM KPKNL Cirebon melaksanakan penggalian potensi potensi lelang produk UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon dan Dinas, Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Susilo Prajoko, Ketua Tim Kedai Lelang KPKNL Cirebon menjelaskan kedatangan Tim Lelang UMKM terkait koordinasi penggalian potensi lelang di Cirebon. Dengan kesuksesan tahun kemarin KPKNL Cirebon meraih Semi Final pada Kedai Lelang 2023, pada tahun ini akan terus mengeksplore lebih dalam lagi produk-produk apa yang menarik untuk ikut dalam lelang UMKM.

Pejabat Lelang Ahli Muda, Hartanto menambahkan lelang UMKM ini bertujuan agar produk UMKM naik kelas. Seperti hal nya marketplace produk UMKM akan diunggah di portal lelang.go.id dan siapapun bisa untuk melihat. Dengan mengikut lelang UMKM, produk akan semakin dikenal oleh khalayak umum.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon, Maharto menyampaikan bahwa pelaku UMKM di Cirebon sangat banyak, mungkin yang sangat terkenal luas seperti batik trusmi, dilain itu produk kuliner dan kerajinan tersebar di seluruh Kabupaten Cirebon. Dengan banyaknya produk-produk UMKM ini, masih adanya kendala seperti pengemasan yang lebih baik serta market pasar untuk menyerap produk tersebut. Selama tahun 2021, 2022, dan 2023 UMKM Kabupaten Cirebon tidak pernah absen dalam ikut serta pada Bazar UMKM yang diselenggrakan oleh Kemenkeu Ciayumajakuning. Semoga lelang UMKM Kabupaten Cirebon dapat menjadi sarana untuk memasarkan produk-produk tersebut.

Tim Kedai Lelang KPKNL Cirebon menjelaskan terkait fasilitas yang berada di DJKN dalam bentuk lelang produk UMKM. Dimana pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan dapat berpartisipasi dalam lelang UMKM ini. Produk UMKM Kuningan baik dari kuliner seperti keripik, tape, olahan susu, tahu, dan kuliner lain sangat berpotensi ikut dalam lelang produk UMKM. Tidak hanya kuliner, hasil kerajinan baik dari rotan ataupun bambu yang banyak di Kabupaten Kuningan bisa juga ikut andil.

Kegiatan dilanjutkan meninjau langsung ke pelaku UMKM penghasil keripik ubi, keripik pisang, keripik tahu, dan rengginang.

Diharapkan dengan adanya kolaborasi antara KPKNL Cirebon dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon dan Dinas, Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Kuningan maka semakin beragam produk UMKM yang dapat ikut serta dalam program lelang UMKM.



Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 48 Cirebon - 45122
(0231) 202513
(0231) 238773
kpknlcirebon@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini