Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Sosialisasi Program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM)
Firdaus Pranoto
Senin, 21 Januari 2019   |   346 kali

Bontang – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara pada tahun 2019 mengusulkan 19 Unit Kerja untuk mengikuti Program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Jumlah tersebut belum termasuk pengusulan kembali 5 Unit Kerja peserta tahun 2018. KPKNL Bontang menajdi salah satu Unit Kerja yang diusulkan pada tahun 2019. Pada hari Kamis tanggal 17 Januari 2019 pukul 9 pagi, bertempat di ruang Aula KPKNL Bontang, Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Sekretariat memberikan assistensi atau sosialisasi kepada seluruh pegawai KPKNL Bontang mengenai Program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Beberapa hal yang disampaikan antara lain kerangka penilaian dan syarat penetapan sebagai Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Kerangka penilaian terdiri atas 2 komponen yakni komponen pengungkit dengan bobot 60% dan komponen hasil dengan bobot 40%.  Komponen pengungkit memiliki 6 subkomponen yang terdiri dari Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. Sementara itu komponen hasil memiliki 2 subkomponen yakni Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN dan Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kepada Masyarakat.

Bagi Satuan Kerja yang berhasil mencapai total nilai 75 untuk gabungan komponen pengungkit dan hasil serta memperoleh nilai diatas nilai minimal untuk beberapa komponen akan ditetapkan sebagai Satuan Kerja dengan predikat WBK. Pada tahun selanjutnya Satuan Kerja tersebut dapat ditetapkan pula menjadi Satuan Kerja dengan predikat WBBM jika berhasil meraih total nilai 85 untuk gabungan komponen pengungkit dan hasil dan memperoleh nilai diatas nilai minimal untuk beberapa komponen, demikian dijelaskan oleh Ichwan Qaddafi Nazhif selaku perwakilan Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Sekretariat.

“Saya sangat mengharapkan peran serta aktif seluruh pegawai KPKNL bontang untuk mencurahkan seluruh ide maupun tenaga untuk mewujudkan program pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di KPKNL Bontang” harapan kepala KPKNL Bontang, Heru Riyanto.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini