Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
"Generasi Muda Peduli APBN Kita" Kemenkeu Goes To Campus
Egi Indra Wilantika A.md.
Selasa, 07 Maret 2023   |   299 kali

Sabtu (4/3), KPKNL Bogor hadir sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan Kemenkeu Goes to Campus bersama Politeknik AKA Bogor (Akademi Kimia Analis). Kegiatan ini merupakan  kolaborasi unit kerja vertikal Kemenkeu di wilayah Bogor antara lain KPPN Bogor, Kanwil DJP Jabar III, KPPBC Bogor, dan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan (Pusdiklat AP).

Kegiatan ini diawali dengan welcome speech dari Direktur Politeknik AKA Bogor yang sangat menyambut baik acara Goes to Campus dan berharap acara ini dapat memberikan manfaat terutama meningkatkan pemahaman siswa terkait APBN. Kemudian dilanjutkan dengan opening speech dari Kepala Kanwil DJP Jabar III, Lucia yang sangat berterima kasih atas antusiasme dan respon positif dari Politeknik AKA Bogor. Lucia juga menyampaikan sedikit pengantar terkait pentingnya pemahaman APBN bagi masyarakat khususnya mahasiswa. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan keynote speech yang disampaikan oleh Widyaiswara Pusdiklat AP, Rudi Widodo. Rudi menyampaikan beberapa issue terkait pengelolaan APBN 2023 sekaligus pengantar sebelum dilanjutkan dengan materi inti yang akan disampaikan oleh narasumber.

Narasumber dari KPKNL Bogor, Wifda Indriani bersama perwakilan dari KPPN Bogor, Priono menyampaikan materi inti terkait ABPN 2023 dengan tema Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Wifda menyampaikan terkait penguatan peran ABPN dan melanjutkan konsolidasi kebijakan fiskal yang berkualitas. Dalam paparannya disampaikan juga terkait target pembangunan dan asumsi dasar ekonomi makro tahun 2023. Sedangkan Priono menyampaikan materi terkait sumber pendapatan, realisasi belanja negara serta pembiayaan APBN di tahun 2023. Pada sesi materi ini, kedua narasumber bergantian  melontarkan beberapa pertanyaan yang direspon dengan antusias oleh mahasiswa. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar diberikan cinderamata. Sesi materi ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari mahasiswa. Beberapa pertanyaan dan diskusi yang dilontarkan diantaranya terkait realisasi APBN 2023, dan bagaimana pengelolaan APBN pada masa Covid19.

Sebelum ditutup, MC memberikan beberapa kuis dan games menarik bagi seluruh peserta dilanjutkan dengan foto bersama. Acara yang dilangsungkan di akhir pekan tidak menyurutkan semangat mahasiswa Politeknik AKA Bogor untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang disampaikan hingga selesai. Ini membuktikan semangat dan kepedulian generasi muda pada pengelolaan APBN Kita.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini