Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Dalam Rangka Mewujudkan Optimalisasi Pengelolaan Kekayaan Negara, KPKNL Bima Laksanakan Portofolio Aset
Ricky Septihara
Selasa, 27 Februari 2024   |   30 kali

Bima (21/02) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima yang diwakili staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), I Wayan Sudirawan dan Bohal Raja Mangaliat Tua Aritonang melaksanakan survei lapangan pengukuran kinerja Barang Milik Negara (BMN) atau portofolio aset dalam rangka optimalisasi aset BMN. Pelaksanaan kegiatan portofolio aset ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari, terhadap satuan kerja Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa dengan total 20 (dua puluh) Nomor Urut Pendaftaran (NUP) berupa Rumah Negara. Kegiatan ini terdiri dari wawancara langsung dengan operator BMN dan survey lapangan terhadap objek BMN berupa tanah dan/atau bangunan yang dimiliki oleh satuan kerja sekaligus koordinasi mengenai administrasi penggunaan dan pemanfaatan BMN.

Penyusunan portofolio BMN ini merupakan salah satu upaya mewujudkan manajemen aset yang lebih baik. Secara garis besar kegiatan portofolio ini adalah pengukuran kinerja suatu aset BMN yang dilakukan secara sistematis dan terukur guna mewujudkan efektivitas pengelolaan kekayaan negara dan optimalisasi potensi aset dengan mempertimbangkan 6 indikator, yaitu kepentingan umum, manfaat sosial, kepuasan pengguna, potensi penggunaan masa mendatang, kelayakan finansial dan kondisi teknis.

Pertama-tama, tim dari Seksi PKN menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan KPKNL Bima ke Polres Sumbawa. Selanjutnya tim Seksi PKN melakukan kegiatan wawancara dengan operator BMN Polres Sumbawa. Tim Seksi PKN menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai aset berupa tanah dan bangunan yang dikelola oleh Polres Sumbawa. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan survey lapangan terhadap 20 Rumah Negara pada Polres Sumbawa. Saat pelaksanaan survey lapangan, KPKNL Bima menemukan bahwa seluruh objek survei lapangan pengukuran kinerja BMN berupa Rumah Negara telah berpenghuni dan digunakan sebagaimana mestinya.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu pelaksanaan portofolio ini, diakhir kegiatan I Wayan Sudirawan mewakili KPKNL Bima berterima kasih atas sambutan dan kerja sama dari pihak Polres Sumbawa yang telah membantu dan mendampingi Tim KPKNL Bima dalam melaksanakan kegiatan portofolio aset kali ini, I Wayan Sudirawan berharap optimalisasi BMN yang dikelola dapat terus diupayakan dan koordinasi antara Polres Sumbawa dengan KPKNL Bima dapat terus ditingkatkan.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini