Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Lelang & BMN Award Wilayah Pulau Sumbawa
Ricky Septihara
Senin, 31 Januari 2022   |   317 kali

Rabu (28/01), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima memberikan piagam penghargaan kepada para satker yang berada di wilayah kerja KPKNL Bima. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk Apresiasi dan Penghargaan di Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN Award) dan Lelang (Lelang Award) Tahun 2021 kepada para satker yang berada di wilayah kerja KPKNL Bima. Penyerahan piagam penghargaan ini berlangsung selama 2 hari dan dilakukan langsung oleh Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono dengan didampingi oleh Fajar Perdana Putra.

BMN Award merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada satuan kerja yang dianggap memiliki tingkat utilisasi Barang Milik Negara terbaik dari seluruh satuan kerja di lingkup KPKNL Bima. Sedangkan Lelang Award merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada satuan kerja yang dianggap berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan lelang di lingkup KPKNL Bima.

Para pemenang dari BMN Awards dan Lelang Award KPKNL Bima tahun 2022, adalah:

1.    Kategori Utilisasi BMN, indikator-indikator yang menjadi pertimbangan penilaian yaitu BMN yang telah ditetapkan status penggunaannya, adanya BMN yang dilakukan Alih Status Penggunaan dan Penggunaan Sementara, adanya BMN idle yang diserahkan ke Pengelola Barang dan BMN yang masih berstatus terindikasi idle (berpengaruh negatif terhadap penilaian). Penerima penghargaan dari kategori ini adalah Balai Taman Nasional Tambora, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar, Bandar Udara Sultan M. Kaharuddin Sumbawa Besar, Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Klas II Sumbawa Besar, dan MTsN 1 Sumbawa Besar.

2.    Kategori Kepatuhan Pengelolaan BMN, indikator-indikator yang menjadi pertimbangan penilaian yaitu jumlah usulan Persetujuan Pengelolaan dan PSP BMN tahun 2021, akurasi Data SIMAN, ketepatan waktu penyampaian laporan wasdal periodik tahun 2020, tindak lanjut wasdal insidentiil selama tahun 2021 dan temuan Badan Pemeriksa Keuangan terkait Barang Milik Negara. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah Kepolisian Resor Sumbawa, Kepolisian Resor Sumbawa Barat, Bandar Udara Sultan M. Kaharuddin Sumbawa Besar, Rumah Tahanan Negara Klas IIB Raba Bima, Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat, dan Stasiun KIPM Bima.

3.   Kategori PNBP, pemenang penghargaan ditentukan dari realisasi PNBP Pemindahtanganan dan Pemanfaatan BMN yang dihasilkan atas dasar persetujuan yang diusulkan kepada Pengelola Barang selama tahun 2021. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah UPBU Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bima, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa Besar, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima, Kejaksaan Negeri Dompu, dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sumbawa Besar.

4.  Kategori Sertipikasi BMN, indikator-indikator yang menjadi pertimbangan penilaian yaitu kecepatan penyampaian berkas pendaftaran ke Kantor Pertanahan, realisasi sertipikat yang terbit. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah Satker PJN Wilayah III NTB, Satker PJN Wilayah II NTB, dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Sape.

5.    Peer Collaboration merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan atas sinergi, kolaborasi, dan peran aktif Kantor Pertanahan  di wilayah Pulau Sumbawa  dalam penyelesaian Program Sertipikasi BMN TA 2021. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah Kepala Kantor Pertanahan Kota Bima, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bima, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat.

6.    Kategori Frekuensi Lelang Non Eksekusi Wajib Tertinggi, penerima penghargaan dari kategori ini adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa Besar, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima.

7.  Kategori Pokok Lelang Non Eksekusi Wajib Tertinggi, penerima penghargaan dari kategori ini adalah UPBU Sultan M. Salahuddin Bima, Unit Penyelenggara Pelabuhan Benete, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima.

8.    Kategori Lelang Eksekusi Barang Rampasan Negara, yaitu untuk Kejaksaan Negeri di Pulau Sumbawa yang memiliki kontribusi tertinggi dalam pelaksanaan kegiatan lelang eksekusi barang rampasan negara di lingkup KPKNL Bima selama tahun 2021. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah Kejaksaan Negeri Bima, Kejaksaan Negeri Dompu, dan Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat.

9.    Kategori Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, yaitu untuk perbankan mitra kerja yang memiliki kontribusi terbesar dalam pelaksanaan kegiatan lelang eksekusi hak tanggungan di lingkup KPKNL Bima tahun 2021. Penerima penghargaan dari kategori ini adalah PT BRI (Persero) Tbk Cabang Sumbawa, PT BRI (Persero) Tbk Cabang Dompu, dan PT BRI (Persero) Tbk Cabang Bima.


            Kami berharap agar apresiasi dan penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh satuan kerja untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dalam Pengelolaan BMN serta bagi seluruh perbankan mitra kerja agar terus memperkuat sinergi, dan menjalin kolaborasi dalam penyelenggaran lelang di masa mendatang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini