Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Tingkatkan Komtimen dalam Pelayanan, KPKNL Bima Mengadakan Sharing Knowledge tentang Service Excellent
Ahmad Girindra Wardhana
Jum'at, 21 Januari 2022   |   168 kali

Bima (18 Januari 2022) - Pada hari Selasa 18 Januari 2022 dimulai pada pukul 16.00 WITA, KPKNL Bima mengadakan Sharing Knowledge tentang Service Excellent. Narasumber dalam Knowledge Sharing kali ini yakni Aden Kurnia MP., Branch Operasional & Service Manager dari Kantor PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bima Soetta 1. Acara ini diselenggarakan di Aula KPKNL Bima dan dihadiri oelh seluruh Pegawai KPKNL Bima tanpa terkecuali serta beberapa perwakilan dari BSI seperti teller, customer service hingga satpam.

Knowledge Sharing tentang Service Excellent ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada pegawai untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat sehingga nantinya diharapkan Pegawai KPKNL Bima dalam memberikan pelayanan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna layanan. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk dari komitmen KPKNL Bima yang saat ini sedang melakukan pembangunan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dimana pelayanan merupakan salah satu pilar utama yang menjadi fokus utama untuk dilakukan peningkatan.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono. Hadi memulai sambutannya dengan menyampaikan mengenai apresiasi kepada Bank Syariah Indonesia yang telah hadir untuk menjadi narasumber dalam acara ini, besar harapan Hadi perihal keberlangsungan acara ini dikarenakan KPKNL Bima terus ingin belajar mengenai pelayanan prima karena core utama daripada KPKNL Bima adalah mengenai pelayanan kepada pengguna layanan seperti stakeholders dan masyarakat. Instansi perbankan sendiri merupakan instansi yang tidak perlu diragukan lagi tentang kualitas dalam pelayanannya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Pihak BSI. Pemaparan materi diawali dengan penjelasan mengenai konsep baru dalam pelayanan, dimana pemberi layanan dalam memberikan pelayanan diharuskan bisa melebihi harapan daripada pengguna layanan. Dalam memberikan pelayanan haruslah memperhatikan hal-hal diluar kebiasaan, dimana pemberi layanan harus memiliki pemikiran beberapa langkah ke depan dalam melayani pengguna layanan.Kemudian dalam memberikan pelayanan harus memperhatikan beberapa aspek seperti energi, pengetahuan, sikap, skill, dan penampilan.

Narasumber melanjutkan, bahwa dalam membangun energi yang powerful dalam memberikan pelayanan dilakukan dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Antusiasme
  • Budaya Menyapa, dimana kita harus menularkan dan memberikan energi positif yang kita miliki kepada orang lain.
  • Selalu ingin berinteraksi yang berkesan, dimana tahapan layanan selalu dilakukan dengan memberikan senyum terbaik, mencipatkaan interaksi yang berkesan dan menyenangkan.
  • Script as a Guidance Only, menjadikan script hanya sebagai panduan saja, yang tidak perlu sampai dihafalkan oleh setiap petugas layanan.

Di akhir pemaparan, narasumber berpesan mengenai pentingnya pelayana prima diterapkan di setiap segmen kantor pelayanan, mulai dari satpam, sampai petugas area pelayanan terpadu haruslah memiliki kualitas yang sama dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan. "Gesture tubuh bisa memengaruhi suasana hati dan mood seseorang", apabila kita membiasakan diri melayani tamu dengan bersikap ramah dan tersenyum, maka mood kita secara tidak sadar akan berubah menjadi lebih baik juga.

Acara kemudian dilanjutkan dengan praktik dalam memberikan pelayanan prima, dimana Pegawai KPKNL Bima mendapatkan kesempatan untuk mempraktikan pelayanan prima yang diberikan kepada pengguna layanan dengan cara bermain peran dengan narasumber dari BSI dan sebaliknya. Hal ini dilakukan karena pemaparan saja tidak cukup dalam usaha melakukan pelayanan prima kepada pengguna layanan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana beberapa Pegawai KPKNL Bima aktif untuk menanyakan perihal pelayanan prima. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian piagam penghargaan dari KPKNL Bima kepada pihak BSI sebagai narasumber

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini