Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
“Satu Hari Mengajar, Selamanya Memberi Arti” Slogan Penuh Arti Warnai Pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 6 di Pulau Sumbawa
Ahmad Girindra Wardhana
Kamis, 11 November 2021   |   338 kali

Bima – Selasa (9/11) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bima dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bima Melaksanakan Kegiatan Kemenkeu Mengajar 6. Acara ini merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak tahun 2016. Acara ini serentak dilaksanakan secara nasional baik melalui sistem daring maupun hybrid dimana pelaksanaan dilakukan di sekolah sekolah yang menjadi tujuan daripada program kemenkeu mengajar ini. Acara berlangsung dari pukul 09.00 WITA sampai dengan 13.00 WITA.

Kemenkeu Mengajar sendiri adalah sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah yang dilaksanakan oleh pegawai Kementerian Keuangan yang mendaftar sebagai relawan. Relawan akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa oleh Kementerian Keuangan.

Kemenkeu Mengajar yang dilaksanakan di Pulau Sumbawa sendiri dilakukan di beberapa tempat dengan ada pembagian 3 rim yakni untuk tim sekolah dasar (SD) yakni SD Kerekeh Sumbawa, SD Negeri 62 Rontu Kota Bima, dan SD Integral Luqman Al Hakim Salama Kota Bima. Untuk tim yang kedua yakni tim sekolah menengah pertama (SMP) yakni SMP Negeri 14 Kota Bima dan SMP IT Cendekia Sumbawa. Yang terakhir ada tim sekolah menengah atas (SMA) yakni SMK Negeri 4 Kota Bima dan SMK Negeri 1 Kota Bima.

Untuk pelaksanaan tim SD dan SMA sendiri dilakukan secara daring dengan relawan yang bertindak sebagai pengajar untuk tim SD yakni Doddy Handaryadi, Ni Luh Mahita Eka Riadi, dan Mochammad Yunus Akbar dari KPPN Bima. Kemudian dari KPKNL Bima ada Asep Atang dan Bahtiar Hari Murti. Yang terakhir yakni Dian Sufia Almaila dari KPP Pratama Bima. Sedangkan untuk tim SMA yang bertindak sebagai pengajar yakni Try Ainun Rafiq dari KPPN Bima dan Deti Ninggarwati dari KPKNL Bima. Kemudian pelaksanaan tim SMP dilaksanakan secara hybrid dimana relawan melaksanakan Kemenkeu Mengajar secara terpusat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Bima. untuk tim SMP yang bertindak sebagai pengajar yakni I Wayan Nuryana, Parizal, Rizky Syabana, dan Krisna Yunika Mahardani dari KPP Pratama Kota Bima.

Untuk materi yang diajarkan pada Kemenkeu Mengajar 6 ini diantaranya ada pengenalan mengenai Kementerian Keuangan, Tugas dan Fungsi Kementerian Keuangan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Proses berjalannya Kemenkeu mengajar juga diselingi oleh kegiatan ice breaking seperti senam bersama secara virtual, kemudian kuis interaktif dengan para siswa, dan yang terakhir permainan seperti tebak gambar. Hal ini dilakukan untuk memberikan variasi terhadap siswa agar tidak merasa bosan sepanjang pelaksanaan Kemenkeu Mengajar Terdapat rangkaian pre-event “Road to Kemenkeu Mengajar 6” dalam bentuk perlombaan untuk siswa SD/SMP/SMA sederajat, webinar, dan lain-lain. Acara ini juga Melibatkan tokoh-tokoh influencer sebagai narasumber untuk membangkitkan semangat baik itu siswa, guru, kepala sekolah, maupun relawan. Kemenkeu Mengajar 6 Menginisiasi keikutsertaan sekolah luar biasa (SLB) dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar dan melibatkan relawan dengan keahlian khusus.

Secara Nasional, Kemenkeu Mengajar sendiri diselenggarakan di 342 sekolah meliputi 124 sekolah dasar (SD), 103 sekolah menengah pertama (SMP), 106 sekolah menengah atas (SMA), 10 sekolah indonesia yang berada di luar negeri sekaligus dua sekolah luar biasa. Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi menjelaskan Kemenkeu Mengajar yang digelar ke-6 kali ini diikuti oleh 2.320 relawan dari Pegawai Kemenkeu terdiri atas 1.767 pengajar diantaranya meliputi pejabat eselon I, II dan III serta 186 fotografer, 21 videografer dan 346 fasilitator. 





Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini