Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Pengaruh Puasa Ramadhan Terhadap Motivasi Kerja Secara Spiritual
Al Humam
Jum'at, 09 Juni 2017   |   1093 kali

Bima – Dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperkuat hubungan tali silaturahmi diantara pegawai, Kamis (08/06/2017) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima menyelenggarakan acara buka puasa bersama dibulan yang penuh ampunan ini. 

Acara yang bertempat di Aula KPKNL Bima tersebut dihadiri oleh seluruh  pegawai KPKNL Bima beserta keluarga dalam suasana yang penuh sukacita dan rasa kekerabatan.

Kepala KPKNL Bima, Selo Tarnando  S. diawal sambutannya menyampaikan bahwa semangat menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 2017 (1438 H) yang penuh barokah, rahmat dan magfirah ini merupakan momentum untuk selalu berbuat baik dan memperbaiki diri. Diharapkan para pegawai dapat mengevaluasi diri atas apa yang telah dan akan dilakukan untuk selalu lebih baik dan bisa meningkatkan motivasi kerja secara spiritual kedepan dengan lebih disiplin dan berkualitas sehingga dapat bersinergi sesuai dengan implementasi dari Nilai-Nilai Kementerian Keuangan

Kemudian Selo menambahkan  “semangat untuk menjalankan ibadah puasa, mampu membentuk karakter untuk memperbanyak amal kebajikan maupun amal ibadah spiritual dalam diri masing-masing pegawai secara konsisten dan istiqomah namun semuanya kembali kepada kesadaran diri masing-masing untuk memahami makna puasa yang akan menentukan sikap dan perilaku diri ke depan setelah berlalunya bulan puasa,” ungkapnya.

Kegiatan buka puasa bersama  ini terlebih dahulu diisi dengan siraman rohani dari seorang Imam Masjid Nurul Qolbhi Kota Bima, Ustadz H. Abidin  di Mushalla Al Hikmah KPKNL Bima.

Mengawali tausiyahnya H. Abidin banyak mengupas  tentang hukum,  makna puasa, keistimewaan dan hikmah puasa Ramadhan sekaligus mengajak hadirin untuk senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah kepada Allah SWT. “Sebagai seorang pegawai harus diingat bahwa bekerja dengan ikhlas  itu adalah ibadah apalagi memberikan pelayanan yang baik dan maksimal, sungguh besar amal dan pahala yang diperoleh terutama pada bulan suci Ramadhan ini” ”  Kata H. Abidin.

Selanjutnya  H. Abidin juga menyampaikan bahwa seorang muslim dapat disebut telah memperoleh derajat taqwa apabila memilikui sifat Tawadu’, Qona’ah, Wara’ dan Yakin seraya mejelaskan makna satu persatu dari sifat-sifat tersebut.  Tawadlu’, merupakan salah satu wujud dari ahlakul karimah, yakni sikap rendah hati, tidak mau menonjolkan diri dan jauh dari arogansi atau kesombongan,  Qona’ah artinya ridlo atau menerima apa adanya segala segala pemberian yang menjadi keputusan Allah, Wara’ yakni sikap berhati-hati tidak saja pada hal-hal yang jelas-jelas tidak baik (haram), tetapi juga pada hal-hal yang masih belum jelas (subhad). Orang yang wara’ sikap selektifnya terhadap sesuatu sangatlah ketat, dia berhati-hati betul dalam berbicara, dalam bertingkah laku, juga dalam memutuskan segala sesuatu yang terkait dengan dirinya. Karena itu peluang selamatnya menjadi lebih besar dan Yaqin, yakni seseorang harus bersikap optimis dan tidak ada keraguan bahwa Allah benar-benar akan menolong dan mengabulkan doa hambanya.

Pembacaan doa  yang dipimpin oleh H. Abidin mengawali buka puasa kali itu yang dilanjutkan dengan menikmati hidangan pembuka (takjil) dan sholat maghrib secara berjama’ah.  Diakhir acara seluruh pegawai dan keluarga yang hadir dipersilahkan untuk menikmati makan bersama dengan berbagai  aneka makanan dan minuman yang telah dihidangkan

(Penulis/fotografer : Harun Husin/Al Humam-Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini