Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
KPKNL Bima Sosialisasikan Revaluasi BMN Tahun 2017
Harun Husin
Selasa, 06 Juni 2017   |   170 kali

Bima - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Senin (05/5/2017) menggelar Sosialisasi Penilaian Kembali (Revaluasi) Barang Milik Negara (BMN) Berupa Aset Tetap Kementerian Keuangan/Lembaga Tahun 2017 (tanah, gedung dan bangunan, jalan, jembatan serta bangunan air).

Acara yang bertempat di Aula KPKNL Bima tersebut dihadiri oleh 28 satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Bima yang meliputi Kabupaten/Kota Sumbawa, Dompu dan Bima.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala KPKNL Bima, Selo Tarnando S. Dalam sambutannya ia menyampaikan “untuk tercapainya tujuan Revaluasi BMN yang akan dilaksanakan dalam 2 tahun (2017- 2018) ini diharapkan sinergi dan kerjasama dari satker-satker demi suksesnya kegiatan tersebut,” harapnya. Lebih lanjut Selo juga mengingatkan agar satker-satker dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan aset-aset yang ada pada satker sehingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang lebih meningkat.

 

Selanjutnya hadir sebagai narasumber Aditya Wahyu  Nugroho yang didampingi oleh Kepala Seksi PKN Mahfud. Dalam paparannya Staf pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Bima ini menjelaskan alur kegiatan revaluasi BMN dimulai dari penyediaan data awal, inventarisasi, penilaian, penyusunan laporan hasil inventarisasi dan penilaian, tindak lanjut hasil inventarisasi dan penilaian, serta monitoring dan evaluasi. Ia juga menjelaskan bahwa salah satu tujuan revaluasi barang milik negara kali ini adalah untuk meningkatkan nilai likuiditas dari aset dan kegiatan ini merupakan kegiatan ulangan tahun 2007 meskipun tidak menyeluruh.

Dalam kesempatan yang sama, Aditya menyampaikan "Setidaknya terdapat 55 Satker dengan total jumlah BMN berupa tanah dan bangunan yang akan direvaluasi sebanyak 579 unit dengan nilai BMN sebesar  Rp 3.180.787.969.703," ungkapnya.

Rangkaian kegiatan acara sosialisasi yang dilaksanakan secara sederhana ini diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar materi yang disampaikan.

(Penulis/fotografer : Harun Husin/Al Humam-Seksi HI).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini