Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Peran TIK dalam Pengelolaan Kekayaan Negara di Era Revenue Center
N/a
Selasa, 06 September 2016   |   1098 kali

Bima - Dalam rangka memberikan pemahaman dan menambah pengetahuan tentang pentingnya Teknologi Informasi dan  Komunikasi (TIK) dalam Pengelolaan Kekayaan Negara khususnya Visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai Revenue Center dilaksanakan  kegiatan morning call dan Knowledge Sharing yang ikuti oleh seluruh pegawai bertempat di Aula  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima, Senin (5/9)

Mengawali acara ini,  Kepala KPKNL Bima Selo Tarnando S. menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada semua pegawai KPKNL Bima yang telah memberikan  kontribusi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan penuh  integritas, kerja keras dan kerjasama yang baik selama ini walaupun ada penghematan anggaran.

Selanjutnya Selo Tarnando S. Mengingatkan kepada para pegawai bahwa di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. “Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup hanya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah ketinggalan jaman, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek, dengan kata lain, informasi lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru. Di era globalisasi peranan TIK menjadi semakin penting digunakan untuk mengungkapkan data dan fakta menjadi sebuah informasi yang bisa dimanfaatkan”, katanya.

Kemudian Aditya Wahyu Nugroho Staf dari Seksi Kepatuhan Internal KPKNL yang bertindak sebagai narasumber yang memaparkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu peranan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia. Diakhir pemaparannya, Aditya Wahyu Nugroho yang akrab dipanggil Adit menjelaskan pula secara detail tentang  pengelolaan sistem informasi, manajemen pengetahuan umum mengenai  mengenai perangkat lunak/keras, pengetahuan jaringan dan perlunya kewaspadaan terhadap data yang dimiliki dan disimpan oleh pegawai didalam perangkat teknologi.

Diakhir acara kegiatan morning call dan Knowledge Sharing tersebut  ditutup dengan sesi tanya jawab. Semangat dan antusias para pegawai KPKNL Bima  terlihat dari banyaknya pertanyaan atau saran seputar materi yang disajikan.

(Penulis/fotografer : Harun Husin/Al Humam-Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini