Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Membangun Karakter Pribadi Yang Unggul
N/a
Senin, 23 Mei 2016   |   3245 kali

Bima – Selasa 17 Mei 2016,  bertempat di ruang aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Bima diadakan In House Training (IHT) oleh kantor pusat DJKN yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Bima. Acara yang mengambil tema “Membangun Karakter Pribadi Unggul” ini diharapkan dapat membawa perubahan sikap pegawai. Lebih penting lagi, IHT harus mampu memberikan motivasi yang nyata baik kepada individu maupun sistem yang ada sehingga pegawai dapat meningkatkan kinerjanya.

Narasumber IHT, Bambang Kismanto Widyaiswara dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BPPK menyampaikan apabila situasi dan sistem sudah berjalan dengan baik, maka suasana kerja akan kondusif dan nilai-nilai Kementerian Keuangan pasti akan dipraktekkan. diharapkan para peserta dapat merealisasikan dan mengimplementasikan apa yang didapat di acara ini dalam pekerjaan sehari-hari. Kebersamaan adalah permulaan, menjaga bersama adalah kemajuan, dan bekerja bersama adalah keberhasilan. untuk itu materi yang diberikan antara lain : Integritas, Komunikasi, Etiket Kerja, Motivasi, Team Work.

Mengawali acara tersebut, pria yang memulai karirnya di Kementerian Keuangan pada 1996 ini mengajak para peserta untuk melakukan senam otak dengan gerakan-gerakan yang “tidak biasa”. Bambang mengatakan senam otak ini diyakini mampu mengoptimalkan kemampuan otak kanan dan kiri, memperkuat daya ingat dan dapat meningkatkan konsentrasi.

Bambang mengilustrasikan kantor sebagai sebuah tim. Tim yang solid dan kuat harus dapat mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi dan produktivitas. “Walaupun kantor ini tidak berada di kota besar, namun semangat tim harus dijaga bersama,” ungkapnya. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kunci sukses sebuah tim minimal harus memiliki enam hal antara lain, memahami tujuan bersama, memahami peran, rasa memiliki, menghargai perbedaan, dan berkomunikasi efektif serta terus memperbaiki diri.

IHT kali ini lebih banyak menanamkan nilai-nilai kebersamaan, motivasi dan manajemen diri pegawai melalui games-games yang menarik dan melatih kreativitas dan kerjasama pegawai yang dilakukan oleh tim bukan individu. Walaupun seharian penuh mengikuti IHT, tidak terlihat rasa jenuh dari wajah para pegawai dikarenakan materi dan games yang diberikan sangat menarik. (Penulis / fotografer : Harun Husin / Al Humam – Seksi HI).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993
(0374) 43006
kpknlbima@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini