Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
KPKNL Batam Siap Laksanakan Lelang Eksekusi Pajak Melalui E-Auction
N/a
Jum'at, 13 Februari 2015   |   913 kali

Batam  – Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam Ramson Damanik mengatakan bahwa teknologi apabila dimanfaatkan dengan baik dan tepat akan memberi kemudahan dan berbagai keuntungan bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dibuktikan dengan penerapan Electronic Auction (e-Auction) yang dilakukan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mulai tahun ini. Demikian Ia sampaikan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengisian  Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan melalui aplikasi e-filing, Kamis (12/2) di Aula Gedung KPKNL Batam.

Ramson menjelaskan, e-Auction dalam pelaksanaan lelang merupakan jawaban atas efektivitas dan modernisasi pelayanan lelang bahkan menjadi salah satu quick wins Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan yang telah diluncurkan 6 Januari 2015. “Untuk efektivitas, akuntabilitas, dan penegakan hukum, apabila ada Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Batam yang menunggak maka KPKNL Batam siap melaksanakan lelang eksekusi pajak dengan sistem e-Auction,” tegasnya.

Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara KPKNL Batam dengan KPP Pratama Batam untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2013 tentang Himbauan Penyampaian Surat SPT Tahunan Pajak Penghasilan WP Orang Pribadi oleh Pegawai Kementerian Keuangan Melalui e-filing.

Perwakilan Tim Bimtek Achmad Sujai, menjelaskan secara singkat tentang e-filing. “e-filing adalah suatu cara penyampaian SPT atau penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara on-line yang real time melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id-red) atau penyedia jasa aplikasi,” jelasnya. (Penulis/Foto : Tim Bimtek KPKNL/KPP Pratama Batam)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini