KPKNL Banjarmasin
Berita DJKN

Bincang Pagi, Sukses Tembus Beasiswa

Senin, 08 Juli 2019   |   19 kali

Kali ini (5/7), knowledge sharing diisi oleh Arie Nugroho, pegawai KPKNL Banjarmasin yang berhasil lolos beasiswa Bappenas. Tema hari ini adalah “Bincang pagi tentang Kebijakan Tugas Belajar dan Beasiswa di Kementerian Keuangan”. Arie menuturkan bahwa ada beberapa kebijakan yang perlu diketahui sebelum mendaftar seleksi beasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menjamin ketersediaan Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan yang memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja optimal terhadap pencapaian visi, misi, dan strategi Kementerian Keuangan, telah ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 60/PMK.01/2016 tentang Manajemen Talenta Kementerian Keuangan. Di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sendiri mempunyai Program Manajemen Talenta Beasiswa. Program tersebut merupakan sebuah usaha pembinaan bagi pegawai DJKN yang ingin mendaftar beasiswa di luar negeri. Selain itu, DJKN juga mengembangkan kompetensi pegawainya melalui program non gelar (soft competency) seperti diklat dan capacity building.

Arie juga menjelaskan bahwa perlu memahami PMK Nomor 18/PMK.01/2009 tentang Tugas belajar di Lingkungan Kementerian Keuangan dan Surat Edaran SE-25/MK.1/2013 tentang Pengajuan Ijin Mengikuti Seleksi Program Beasiswa Mandiri di Lingkungan Kementerian Keuangan. Beberapa hal yang perlu dipahami dari dua peraturan tersebut adalah, ada dua model pendaftaran beasiswa, yaitu penawaran beasiswa dari eksternal dan beasiswa atas inisiatif sendiri. Berdasarkan SE-25/MK.1/2013, sebelum mendaftar harus mengajukan izin ke Biro Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Sekretaris Eselon I masing-masing. Sekarang, izin tersebut bisa dengan mudah diajukan melalui E-PRiME pada menu “Melanjutkan Pendidikan”. Dalam PMK Nomor 18/PMK.01/2009 juga menegaskan bahwa untuk melanjutkan pendidikan harus memenuhi masa kerja minimal 2 tahun.

Setelah tiga kali gagal, Arie tidak putus semangat untuk terus mendaftar beasiswa. Akhir tahun 2018, Arie mendaftar beasiswa Bappenas, hingga akhirnya bisa lolos beasiswa tersebut. Arie mengatakan bahwa salah satu kunci dalam seleksi beasiswa adalah Rencana Studi, maka perlu perhatian khusus dalam menyusun Rencana Studi. Selain itu, bertukar pikiran dan pengalaman dengan teman/mentor bisa membantu dalam penyusunan Rencana Studi tersebut. Kunci sukses lainnya adalah bahasa inggris dan wawancara.

DJKN merupakan salah satu Eselon I terbaik di Kementerian Keuangan dalam hal kebijakan pengembangan SDMnya. DJKN sangat mendukung para pegawai yang ingin melanjutkan pendidikan, baik dari segi kebijakan, izin, dan fasilitas. (Tim Humas KPKNL Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id