Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Hadir Kembali! KLINIK BMN Kupas Tuntas Pemindahtangan BMN dan Layanan Trayek Negara
Wahyuni Eka Wulandari
Kamis, 24 Februari 2022   |   178 kali

Balikpapan – KLINIK (KonsuLtasi makIN asIK) BMN kembali hadir menyapa rekan-rekan satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Balikpapan di tahun 2022 ini (22/02) secara daring.

 

Mengusung topik pemindahtanganan Barang Milik Negara (BMN), Astri Suryantari Dewi, Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menyampaikan konsep dasar dan mekanisme pelaksanaan pemindahtanganan BMN.

 

Diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 165/PMK.06/2021, pemindahtanganan BMN didefinisikan sebagai pengalihan kepemilikan atas BMN, yang dapat berupa penjualan, tukar menukar, hibah, hingga penyertaan modal pemerintah pusat.

 

Objek pemindahtanganan BMN terdiri dari tanah dan/atau bangunan serta selain tanah dan/atau bangunan. Mekanisme pemindahtanganan atas objek BMN dimaksud dilakukan untuk menciptakan efisiensi serta optimalisasi atas BMN untuk dapat memaksimalkan manfaatnya bagi kepentingan umum.

 

Dalam kesempatan yang sama, sesi KLINIK BMN kali ini juga memaparkan salah satu inovasi baru layanan pengelolaan kekayaan negara pada KPKNL Balikpapan, yaitu Trayek Negara (Trayek Layanan Pengelolaan Kekayaan Negara).

 

Dipaparkan oleh Rizal Harfianto, Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Trayek Negara merupakan layanan online tracking surat permohonan pengelolaan BMN yang diajukan oleh satuan kerja. Layanan yang dapat diakses pada tautan bit.ly/TrayekNegara ini memudahkan satuan kerja selaku pengguna layanan pengelolaan kekayaan negara untuk mengetahui status pemrosesan permohonan pengelolaan BMN yang diajukannya. Dengan memasukkan nomor tiket yang dapat diperoleh secara langsung melalui APT (Area Pelayanan Terpadu) KPKNL Balikpapan baik secara fisik maupun daring, layanan Trayek Negara akan memunculkan informasi terkait status permohonan yang dicari hingga person in charge pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara yang menangani permohonan tersebut berikut nomor kontak pribadinya untuk dapat berkonsultasi lebih lanjut.

 

Diikuti oleh puluhan satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Balikpapan, KLINIK BMN juga mengadakan sesi diskusi. Pertanyaan seputar pemindahtanganan BMN hingga layanan Trayek Negara diajukan oleh para partisipan. Semua dijawab tuntas oleh para narasumber dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Balikpapan.

 

KLINIK BMN hadir sebagai salah satu sajian inovasi layanan secara daring yang membahas seputar penatausahaan dan pengelolaan BMN. Selain itu, layanan pengelolaan kekayaan negara pada KPKNL Balikpapan dapat juga diakses pada layanan PENTING atau Pelayanan Terpadu Daring (bit.ly/pentingbalikpapan) bagi satuan kerja untuk dapat berkonsultasi secara online, maupun layanan Trayek Negara untuk tracking permohonan pengelolaan BMN. (wew/hi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini