Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Berbagi Untuk Berinovasi : KPKNL Balikpapan Paparkan Inovasi Layanan Kepada Kantah Paser
Wahyuni Eka Wulandari
Selasa, 08 Februari 2022   |   133 kali

Balikpapan - KPKNL Balikpapan menyelenggarakan sharing session dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Paser atas inovasi layanan dalam membangun predikat Zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada hari Jumat (04/02).

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh Kepala KPKNL Balikpapan, Yoshua Wisnungkara dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Paser, Zubaidi beserta jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan KPKNL Balikpapan serta Kantor Pertanahan Kabupaten Paser.

 

Sharing session ini menjadi kegiatan lanjutan yang diinisiasi Kantor Pertanahan Kabupaten Paser yang sedang mempersiapkan unit kerjanya menuju predikat ZI WBK, setelah sebelumnya telah dilaksanakan studi tiru melalui kunjungan langsung ke KPKNL Balikpapan di akhir tahun 2021 silam.

 

Dalam sharing session ini, terdapat 2 fokus inovasi KPKNL Balikpapan yang dipaparkan dan menarik minat Kantor Pertanahan Kabupaten Paser untuk mereplikasinya, yaitu ‘RUKUN’ dan Data Profiling Pegawai KPKNL Balikpapan

 

‘RUKUN’ atau Rumah Kunci Integritas merupakan inovasi layanan pada KPKNL Balikpapan terkait sistem peminjaman kendaraan dinas serta pemantauannya. Melalui inovasi ‘RUKUN’ ini, setiap pegawai yang akan menggunakan kendaraan dinas untuk penugasan akan mendaftarkan data peminjaman kendaraan dinas tersebut melalui barcode maupun tautan yang akan mengarahkan ke form elektronik peminjaman kendaraan dinas. Inovasi layanan internal ‘RUKUN’ ini dapat mendigitalisasi administrasi peminjaman kendaraan dinas secara digital sehingga memudahkan pemantauan frekuensi penggunaan kendaraan dinas, yang mana hal tersebut dapat dikorelasikan dengan data penggunaan BBM dalam kaitannya dengan efisiensi penggunaan BBM.’

 

Inovasi ‘RUKUN’ ini menarik perhatian Kantor Pertanahan Kabupaten Paser untuk mereplikasi inovasi ini dalam hal peminjaman alat ukur. Seperti yang kita ketahui bersama, alat ukur merupakan suatu tool utama dalam pelaksanaan pengukuran tanah yang menjadi tugas dan fungsi pada Kantor Pertanahan. Didasari tujuan yang sama, inovasi ini diharapkan dapat memudahkan pemantauan serta sistem peminjamannya, mengingat baik alat ukur maupun kendaraan dinas memiliki frekuensi penggunaan yang tinggi di masing-masing unit kerja.

 

Paparan inovasi selanjutnya yang dibahas yaitu terkait Data Profiling Pegawai KPKNL Balikpapan.  Inovasi ini merupakan suatu rekapitulasi data pegawai baik riwayat diri hingga preferensi minat pegawai dalam penempatan internal unit kerja hingga minat dalam jabatan fungsional. Data profiling ini dapat digunakan dalam bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atas mutasi internal yang sewaktu-waktu dilaksanakan. Di sisi lain, data profiling ini dapat menjadi sarana dalam aspek knowing your employee. Bagaimana database internal yang dapat diakses oleh seluruh pegawai ini dapat membuat kita mengetahui informasi dasar dan hal-hal yang menarik minat tiap-tiap pegawai. Terlebih lagi mayoritas pegawai yang berstatus perantau, menjadikan unit kerjanya adalah rumah dan para pegawai adalah keluarga baginya. Sehingga penting untuk dapat mengenal lebih dekat satu sama lain.

 

Pada dasarnya, inovasi-inovasi layanan ini menggunakan aplikasi dasar yang dapat diakses secara gratis dan digunakan secara umum. Sehingga memudahkan dari sisi aksesibilitasnya. Karena inovasi layanan tidak hanya berfokus pada semutakhir apa teknologi yang digunakan, namun lebih kepada bagaimana inovasi yang dihasilkan memberikan kemudahan memperoleh layanan bagi para pengguna layanan, serta dapat membentuk suatu database yang dapat digunakan sebagai bahan monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan kebijakan hingga pemenuhan layanan.

 

Sharing session atas inovasi layanan pada KPKNL Balikpapan ini diharapkan dapat menjadi feedback positif bagi tiap-tiap unit kerja, baik bagi KPKNL Balikpapan dalam memperluas implementasi inovasinya dalam mendukung tugas dan fungsi instansi Kementerian/Lembaga lainnya sebagai unit kerja pelayanan publik, serta dalam mendukung Kantor Pertanahan Kabupaten Paser berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanannya dan dalam usahanya meraih predikat ZI WBK. (wew/hi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini