Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
Optimalisasi Sebagian Tanah Kodam XVI/Pattimura untuk Pemanfaatan Sewa
Lucky Ariwibowo
Rabu, 17 Januari 2024   |   51 kali

Maluku Tengah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon melakukan penilaian barang milik negara (BMN) berupa Sebagian Tanah pada Kodam XVI/Pattimura. Penilaian dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan BMN untuk tujuan pemanfaatan sewa. 

Tim Penilai yang terdiri dari Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Arifin dan satu anggota yaitu Atrizal telah melakukan survei lapangan atas BMN yang diusulkan untuk disewakan tersebut pada tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan 17 Januari 2024. Survei dilakukan pada 3 objek penilaian yang berada pada 2 lokasi yang berbeda, lokasi objek penilaian pertama berada di Rindam XVI/Pattimura di Jalan Raya Utama Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah berupa 1 bidang tanah yang akan desewakan untuk penempatan mesin ATM PT BRI dan 1 bidang tanah yang akan disewakan untuk Koperasi Rindam Tri Daya Yudha kemudian lokasi objek penilaian yang kedua berada di Komplek Kodim 1502/Masohi berupa 1 bidang tanah yang akan desewakan untuk penempatan mesin ATM PT BRI. Pemanfaatan BMN tersebut dilakukan guna meningkatkan PNBP dari optimalisasi BMN dengan jangka waktu sewa selama 1 tahun. Penilai menggunakan Pendekatan Data Pasar (Market Data Approach).  Pendekatan data pasar dilakukan dengan cara mempertimbangkan data transaksi dan/atau data penawaran sewa dari objek pembanding sejenis atau pengganti dan data pasar yang terkait melalui proses perbandingan.

Arifin, Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Ambon mengatakan "Pemanfaatan BMN dalam bentuk sewa tanah 2 bidang tanah yang akan disewakan untuk penempatan mesin ATM PT BRI dan 1 bidang tanah yang akan disewakan untuk Koperasi Rindam Tri Daya Yudha tidak mengganggu tugas dan fungsi Kodam XVI/Pattimura, malah sebaliknya mendatangkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi Negara. Selain itu adanya ATM dan Koperasi juga dapat menunjang kegiatan perekonomian di Maluku Tengah".

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Raya Patimura No. 18 Gedung Keuangan Negara Lt. IV Ambon - 97124, Kotak Pos 1023
(0911) 344360
(0911) 344356
kpknlambon@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini