Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Utara > Berita
Berdiskusi dengan seluruh Korwil di Sumut, Kakanwil DJKN Sumut tekankan bahwa Peran BMN tidak Boleh Dipandang Sebelah Mata
Perasanta Sibuea
Selasa, 15 Februari 2022   |   102 kali

Kakanwil DJKN Sumatera Utara menekankan peran pentingnya pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yakni : BMN berperan penting dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, BMN berkontribusi untuk PNBP, pengelolaan BMN dalam RKBMN menentukan besarnya pengeluaran K/L. “Kita selaku asset manager tidak boleh memandang BMN sebelah mata, kinerja BMN berperan penting dalam pengelolaan keuangan Negara” ujarnya. Hal itu disampaikannya dalam pembukaan focus group discussion korwil Kanwil DJKN Sumatera Utara pada Senin (14/02). Forum Group Discussion (FGD) yang digelar secara daring ini telah berlangsung selama 3 hari berturut-turut, diselenggarakan dengan system clustering sehingga diskusi dapat lebih focus dan efektif.

Tanpa kolaborasi dan sinergi antara pengelola dan pengguna barang, niscaya pengelolaan BMN dapat berjalan dengan lancar. Usaha untuk mengelola BMN agar berdaya guna tinggi harus dilakukan bukan hanya pengelola barang, namun terlebih pengguna barang selaku pihak yang menguasai aset. “Manager aset harus memastikan seluruh BMN yang berada dalam penguasaaannya berdaya guna ekonomi dan social, memberikan manfaat seoptimal mungkin untuk kemakmuran rakyat”, ujar tedy.

Kepala Bidang PKN, Maulina Fahmilita membahas kinerja aset seluruh korwil. Dalam rapat FGD Seluruh korwil  satu per satu memaparkan kinerja aset yang berada dalam penguasaannya. Seluruh korwil dievaluasi dan didorong untuk melakukan optimalisasi pemanfaatan. “Kepada seluruh korwil kami harapkan segera mengupdate profil seluruh BMN di aplikasi simak dan SIMAN. Sajikan data sefaktual mungkin, dan lakukan sesegera mungkin”, terangnya.

Seluruh Korwil diminta untuk melakukan pemutakhiran data BMN Idle sesegera mungkin, agar diperoleh data BMN yang berpotensi untuk dimanfaatkan di tahun ini. Kanwil DJKN Sumatera Utara meminta komitmen para Korwil dengan memperkirakan potensi penerimaan bukan pajak (PNBP) yang berasal dari pengelolaan BMN yang diproyeksikan dapat dibukukan di tahun 2022 ini. Beberapa korwil juga memaparkan kendala yang dihadapi dalam mencapai target PNBP dari pengelolaan BMN.


Foto/Teks : Perasanta Sibuea

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini