Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
Dukung Inovasi Pertukaran Data, Kanwil DJKN Suluttenggomalut bersama Direktorat PNBP SDA dan KND DJA Berkoordinasi dalam Pembuatan Chatbot
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Jum'at, 22 September 2023   |   29 kali

Manado – Pada Jumat (22/09), Kanwil DJKN Suluttenggomalut bersama dengan Duta Transformasi Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan (PNBP SDA dan KND) Direktorat Jenderal Anggaran mengadakan rapat koordinasi teknis pembentukan aplikasi chatbot PNBP SDA dalam rangka mendukung kemudahan pertukaran data capaian PNBP SDA secara daring.

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka sharing knowledge dari Kanwil DJKN Suluttenggomalut kepada Duta Transformasi Direktorat PNBP SDA dan KND Direktorat Jenderal Anggaran terkait teknis pembuatan chatbot, dalam hal ini chatbot PNBP SDA. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya permintaan data menggunakan nota dinas mengenai kinerja PNBP SDA baik migas maupun non-migas kepada Direktorat PNBP SDA. Namun, tidak semua data mengenai kinerja PNBP SDA bisa didapatkan melalui OMSPAN dan SSD PNBP seperti kinerja PNBP SDA berdasarkan provinsi, kota, dan kabupaten. Oleh karena itu, demi efisiensi dan efektivitas dalam permintaan dan penyediaan data, perlu dibuat sebuah chatbot.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Nikodemus Sigit Rahardjo, Plt. Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Evendi Antogia beserta jajaran Kanwil DJKN Suluttenggomalut, dan Kepala Subdirektorat Peraturan dan Dukungan Teknis PNBP SDA dan KND Frengky Setiawan beserta jajaran.

Dalam penjelasannya, Kepala Subdirektorat Peraturan dan Dukungan Teknis PNBP SDA dan KND Frengky Setiawan menjelaskan bahwa selama ini mereka hanya memberikan data per provinsi di bulan berjalan, beserta kabupaten dan kota di provinsi tersebut. Namun, ternyata ada juga permintaan data yang lebih luas yaitu permintaan data per wilayah atau regional, contohnya wilayah Sumatra yang terdiri dari banyak provinsi, kabupaten, dan kota. Maka dari itu, Frengky membutuhkan pandangan mengenai permasalahan tersebut kepada Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Nikodemus Sigit Rahardjo.

Nikodemus pada kesempatan tersebut menanggapi bahwa pengguna internet di Indonesia sangat banyak dengan kisaran jumlah sebanyak dua ratus juta orang dengan 91,2 persen penggunanya menggunakan whatsapp. Oleh sebab itu, whatsapp menjadi pilihan yang baik untuk penyebarluasan informasi melalui pembuatan chatbot. Nikodemus juga memaparkan contoh chatbot yang digunakan di Kanwil DJKN Suluttenggomalut beserta manfaatnya.

“Dari sisi manajerial, saya ingin memantau KPKNL mana dan IKU mana yang progress capaiannya tidak bergerak. Misalkan IKU bea lelang dan pokok lelang. Atas IKU bea lelang tersebut, saya memantau apakah terdapat pergerakan pada seluruh KPKNL yang disesuaikan dengan kebutuhan.” tutur Nikodemus.

“Terciptanya inovasi dimulai dari design thinking yaitu kita melihat dari kebutuhan data apa yang pada saat itu mendesak.“ lanjutnya.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dan tanggapan dari para peserta yang hadir. Diharapkan melalui rapat tersebut, inovasi yang akan dikembangkan akan bertumbuh semakin luas seiring dengan berjalannya waktu meskipun dimulai dari hal yang kecil dan diharapkan hal tersebut dapat menciptakan budaya organisasi yang lebih baik. (debora)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Manado Lantai 5. Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kode Pos 95114
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini