Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu : Peran Kementerian Keuangan Terhadap Pemberdayaan UMKM Melalui Lelang
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Senin, 28 Agustus 2023   |   28 kali

Pada Jumat (11/08) sebagai bentuk sosialisasi APBN kepada masyarakat, dilaksanakan acara Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu yang bertempat di Aula Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo. Tema kegiatan Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu kali ini adalah Peran Kementerian Keuangan Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Lelang.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban didampingi oleh Direktur Lelang, Joko Prihanto, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Arif Bintarto Yuwono, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Adnan Wimbyarto, dan Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Nikodemus Sigit Raharjo serta Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan. Turut hadir pula Kepala KPKNL Manado dan Kepala KPKNL Ternate serta Pejabat Eselon III lainnya di lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Rachmat Gobel yang merupakan anggota Komisi XI sekaligus Wakil Ketua DPR RI, perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM, perbankan, dan pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Selain itu terdapat pula Bazaar pada halaman depan Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo yang dibuka oleh beberapa pelaku UMKM binaan Kementerian Keuangan.

Kegiatan dibuka dengan tarian penyambutan tamu oleh para siswa dari SLB Negeri Gorontalo, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo, Adnan Wimbyarto. Adnan menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan turut berperan aktif mendukung UMKM dengan program “Kemenkeu Satu mendukung UMKM tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia maju dengan memberikan alternatif pemasaran dan penyaluran produk UMKM melalui program kedai lelang UMKM.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban. Rionald menyebutkan bahwa UMKM merupakan urat nadi kehidupan perekomonian bangsa. Sektor UMKM merupakan sektor yang sangat strategis yang membuat perekonomian Indonesia dapat bertahan dibandingkan dengan negara-negara lain ketika pandemi Covid-19. Menurut Rionald, hal ini merupakan salah satu langkah dan usaha DJKN dalam mendorong UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga bisa dikenal dan diketahui secara nasional melalui lelang.go.id. Karena di era 4.0 sekarang ini, UMKM harus bisa merambah ke platform online khususnya seperti e-commerce.

Pada kesempatan ini, Rachmat Gobel selaku anggota Komisi XI sekaligus Wakil Ketua DPR RI menyampaikan sambutan dengan harapan Kementerian Keuangan dapat memberikan dukungan bagi pengembangan UMKM khususnya di Gorontalo mengingat potensi Gorontalo yang besar dengan komoditas ekspornya yang berupa Kain Karawo, Songkok Rotan Karanji, dan lain sebagainya.

Setelah kata sambutan, kegiatan dianjutkan dengan acara inti yaitu sosialisasi pemberdayaan UMKM melalui lelang yang dibawakan oleh Nikodemus Sigit Raharjo dan dipandu oleh moderator dari TVRI Stasiun Gorontalo, Taufik Sako. Nikodemus memaparkan secara garis besar mengenai mekanisme lelang, kemudahan, serta keuntungan dalam transaksi jual beli melalui lelang. Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan tertib, lancar, serta mendapat antusiasme dari para pelaku UMKM. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Manado Lantai 5. Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kode Pos 95114
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini