Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
Kanwil DJKN Suluttenggomalut Optimis terhadap Capaian Piutang Negara Tahun 2023
Debora Nurhary Grecia Marpaung
Selasa, 08 Agustus 2023   |   36 kali

Pada Selasa (08/08) telah dilaksanakan forum Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang dilaksanakan rutin setiap bulan. DKO dilaksanakan guna pemantauan dan pembinaan kinerja dilaksanakan secara berjenjang berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan nomor 300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan kinerja organisasi di lingkungan DJKN.

Mengawali bulan Agustus tahun 2023, Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) bersama KPKNL Manado, KPKNL Gorontalo, KPKNL Palu, dan KPKNL Ternate melaksanakan rapat DKO periode sampai dengan Bulan Juli 2023 secara hybrid (luring dan daring) bertempat di ruang rapat Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Nikodemus Sigit Rahardjo dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Evendi Antogia yang juga berperan sebagai Plt. Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan evaluasi terhadap realisasi capaian kinerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut periode sampai dengan Bulan Juli berdasarkan target Triwulan III tahun 2023 terhadap target tahunan,  realisasi capaian kinerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut periode sampai dengan Bulan Juli 2023 terhadap masing-masing target unit kerja berdasarkan target Triwulan III tahun 2023, dan analisis kinerja periode s.d. Juli 2023 untuk optimalisasi kinerja dalam pencapaian target Triwulan III 2023.

Pemaparan DKO kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama para pejabat administrator dan para kepala KPKNL.

“Kita perlu memantau barang aset daerah yang akan dilaksanakan penilaian setelah pengajuan permohonan penilaian. Pemantauan dilakukan agar selanjutnya kita dapat memantau proses lelang aset tersebut segera setelah laporan penilaian telah diterbitkan demi mendongkrak pokok lelang dan bea lelang.” ungkap Nikodemus.

Terkait dengan capaian piutang negara, secara umum capaian oleh Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Manado, Gorontalo, Palu, dan Ternate optimis tercapai dikarenakan beberapa KPKNL telah mencapai target di atas seratus persen.

“Pada saat kita sudah mencapai target, sumber daya manusia (SDM) pada seksi yang sudah mencapai target tersebut selanjutnya dapat dimobilisasi untuk pemenuhan capaian pada seksi yang belum mencapai target” jelas Nikodemus.

Sebagai informasi, Kanwil DJKN Suluttenggomalut memiliki 4 perspektif dengan 20 IKU (Indikator Kinerja Utama). Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Kanwil DJKN Suluttenggomalut s.d. Juli 2023 adalah sebesar 106,53 persen yang terdiri dari 9 IKU hijau, 2 IKU kuning, 2 IKU merah, dan 7 IKU abu-abu.

Pada akhir rapat, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut memberikan ucapan selamat kepada KPKNL Ternate atas pencapaiannya dalam meraih NKO tertinggi sampai dengan periode Semester I 2023 yaitu sebesar 114,78 persen, yang disusul oleh KPKNL Gorontalo, KPKNL Manado, dan KPKNL Palu. (debora)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Manado Lantai 5. Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kode Pos 95114
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini