Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi pada Kanwil DJKN Sulseltrabar
Charles Jimmy
Jum'at, 01 Desember 2023   |   20 kali

Makassar – Kanwil DJKN Sulseltrabar dan Kemenkeu Satu Sulawesi Selatan melaksanakan simulasi evakuasi bencana gempa bumi di Gedung Keuangan Negara II Makassar pada Rabu (29/11). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh unit kerja Kementerian Keuangan di berbagai wilayah Indonesia.

Pelaksanaan simulasi evakuasi bencana merupakan bagian dari implementasi Manajemen Keberlangsungan Bisnis Kementerian Keuangan sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 520/KMK.01/2021.

Dalam simulasi tersebut, diperagakan kondisi normal saat pegawai sedang bekerja. Kemudian, tiba-tiba terjadi gempa bumi (yang ditandai dengan bunyi sirene). Pegawai panik, dan histeris, segera mencari tempat perlindungan yang aman, seperti di bawah meja.

Lalu, saat guncangan mulai reda, petugas mengarahkan pegawai untuk keluar gedung melalui tangga darurat. Pegawai diinstruksikan untuk tetap menutup kepala, dengan tangan atau laptop. Di lobi gedung, ada petugas lain yang kemudian mengarahkan pegawai ke titik kumpul atau titik aman.

Setelah di titik kumpul, petugas akan mengecek dan menghitung pegawai. Dalam simulasi, diskenariokan ada pegawai yang tertimpa lemari. Saat mengetahui hal tersebut, petugas segera menghubungi nomor bantuan untuk meminta penjemputan ambulance.

Dalam waktu singkat, ambulance sudah tiba di lokasi kejadian. Petugas gedung bersama petugas medis menuju ke tempat pegawai cedera untuk memberikan pertolongan. Setelah melakukan pemeriksaan fisik, petugas mengevakuasi karyawan yang cidera dengan menggunakan tandu menuju ambulance. Selanjutnya, ambulance segera melaju ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Setelah situasi kembali normal, petugas gedung mengarahkan pegawai untuk kembali masuk gedung. Secara tertib, pegawai memasuki gedung dan memeriksa ruangan masing-masing.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
pelayanan.kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini