Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
FGD Universitas Hasanuddin Untuk Optimalisasi Barang Milik Negara pada PTNBH
Charles Jimmy
Jum'at, 01 Desember 2023   |   28 kali

Makassar - Tim dari Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Sulseltrabar menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Rabu (29/11). FGD dilaksanakan dalam rangka optimalisasi aset Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah, khususnya terkait dengan status Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D, Apt.,  Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan Unhas, yang menyampaikan harapan agar aset yang dimiliki oleh Unhas dapat diadministrasikan dan dikelola dengan baik dan dapat disewakan kepada pihak yang membutuhkan.

“Aset Unhas harus berkeringat dan tidak tidur,” ujarnya.

Subehan juga menyoroti adanya aset yang bermasalah di Unhas dan berharap bahwa FGD ini akan menjadi titik temu untuk tata kelola aset yang optimal, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi negara.

Dony Sasmita, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara I, turut berbicara dalam FGD tersebut. Ia menjelaskan secara mendalam mengenai mekanisme pengelolaan aset PTNBH, dengan menekankan semangat PTNBH dalam komitmen untuk mengurangi ketergantungan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta meningkatkan pendapatan.

Peserta FGD menyambut kegiatan ini dengan antusias. Beberapa isu yang diangkat dalam FGD antara lain Pemanfaatan atas BMN tanah yang telah diperjanjikan tapi belum mendapat persetujuan Pengelola Barang, penertiban atas permasalahan Pemanfaatan BMN sebanyak 107 temuan audit, dan teknis pemanfaatan BMN berupa tanah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pihak Unhas mengapresiasi knowledge sharing dari tim Kanwil DJKN Sulseltrabar, khususnya informasi mendalam terkait pengadministrasian dan pengelolaan aset PTNBH. Unhas juga menyatakan komitmen penuh untuk menertibkan aset yang dimiliki.

Di sisi DJKN, Dony menuturkan bahwa DJKN selalu berkomitmen siap membantu apabila Unhas mengalami kendala dalam teknis optimalisasi dan penertiban pengelolaan atas aset BMN pada PTNBH. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
pelayanan.kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini