Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
Kanwil DJKN Sulseltrabar Konsolidasikan Pencapaian Kinerja Pengelolaan Barang Milik Negara
Charles Jimmy
Rabu, 27 September 2023   |   39 kali

Makassar – Mendekati akhir triwulan III tahun 2023, Kanwil DJKN Sulseltrabar bersama Direktorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara (PKKN) mengadakan monitoring dan evaluasi capaian kinerja pengelolaan BMN, khususnya di wilayah Kanwil DJKN Sulseltrabar pada Selasa (26/09) di Aula A’Bulo Sibatang Lantai 5 Gedung Keuangan Negara II Makassar. Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Direktorat PKKN dan KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar.

 

Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Arif Bintarto Yuwono menjelaskan bahwa capaian IKU terkait pengelolaan BMN di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar secara umum sudah sejalan dengan trajectory. Dua IKU yakni tindak lanjut pengelolaan BMN dan portofolio sudah berjalan baik, sesuai rencana. Sedangkan terhadap tiga IKU pokok lainnya yaitu PNBP, sertipikasi dan SBSK tetap perlu dikawal agar mampu mencapai atau melewati target.

 

Kepala Subdirektorat Perumusan Kebijakan Barang Milik Negara II, Bambang Sulistyono menerangkan secara ringkas capaian IKU pengelolaan BMN secara nasional. Ia menyampaikan kantor pusat terus mendukung upaya unit vertikal dalam merealisasikan target. Koordinasi aktif dengan instansi terkait juga dijalankan di level pusat.

 

Secara lebih detail, dipaparkan capaian kinerja pengelolaan BMN. IKU PNBP Pengelolaan BMN terealisasi sebesar Rp30,3 milyar, atau 112 persen dari target Q3 dan portofolio BMN sudah tercapai 148 persen di triwulan III. Adapun penyelesaian sertipikasi BMN tercapai sebesar 92 persen, tindak lanjut persetujuan BMN sebesar 74 persen, sedangkan SBSK baru terealisasi sebesar 69 persen.

 

Selanjutnya, tiap KPKNL menjelaskan kinerja pengelolaan BMN pada unitnya. Secara umum, semua KPKNL menyatakan optimism untuk mampu mencapai target hingga akhir tahun. Rencana aksi telah disiapkan untuk masing-masing IKU.

 

Terkait IKU PNBP, KPKNL akan menggali potensi pengelolaan BMN barang rampasan, pemanfaatan dan pemindahtanganan. Kemudian untuk IKU Sertipikasi, KPKNL melanjutkan koordinasi intens dengan kantah untuk percepatan penerbitan sertipikasi. Terkait IKU portolofilo dan tindak lanjut pengelolaan BMN dipandang sudah berjalan baik sesuai dengan perencanaan.

 

Terakhir, untuk IKU SBSK, semua KPKNL sudah menjalankannya dengan baik, kecuali KPKNL Makassar yang disebabkan jumlah target sangat besar dan bentuk bangunan yg luasnya dibatasi 500 m2 cukup rumit. Akan terus diupayakan mengejar penyelesaian target.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
pelayanan.kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini