Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau > Artikel
Pecah Telur! Kanwil DJKN R.S.K. Untuk Pertama Kali Berhasil Memenuhi Target IKKPA
Rachmadi
Rabu, 28 Februari 2024   |   46 kali

Indikator Kualitas Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKKPA) adalah salah satu Indikator Kinerja Utama yang diturunkan dari Kemenkeu Two, IKU ini merupakan pengejawantahan tusi Kementerian Keuangan selaku pengelola keuangan negara. Satuan Kerja atau Satker lingkup Kementerian Keuangan sudah selayaknya menjadi role model dalam pelaksanaan keuangan negara yang profesional dan modern.

IKKPA merupakan salah satu IKU yang sangat challenging, karena sifatnya sebagai supporting yang harus harus mendahulukan kepentingan pelaksanaan tusi bidang/seksi teknis. IKKPA telah menjadi IKU sejak tahun 2020. Sejak itu hingga tahun 2022 atau dalam 3 tahun beruntun IKKPA Kanwil DJKN R.S.K. selalu kuning atau tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan. Ditahun 2022 dapat dikatakan sebagai titik nadir dimana 18 dari 19 IKU Kanwil DJKN R.S.K. tercapai dan hanya 1 yang tidak tercapai. 18 IKU hijau dan 1 IKU kuning, satu-satunya IKU yang kuning adalah IKKPA.

Upaya Pembenahan

Di awal tahun 2023 Subbagian Keuangan melakukan pembenahan yang serius untuk dapat memenuhi target IKKPA, salah satunya dengan membentuk Tim Pelaksana Anggaran Bidang Teknis (PABT) dengan SK Kepala Kanwil. Tidak sekedar menuntut namun juga memberikan nilai tambah, subbagian keuangan menyusun manual IKI Hasil Kerja Tambahan atau HKT sehingga anggota Tim PABT memperoleh nilai tambah jika target tercapai. Selain itu diawal bulan selalu dikirimkan ND untuk mengingatkan bidang/seksi teknis agar segera merealisasikan rencana kerja dan belanja yang telah disusun.

Selain internal, dilakukan juga upaya-upaya yang melibatkan pihak eksternal dalam hal ini Kanwil DJPb Riau. Di bulan September dilakukan FGD antara Kanwil DJKN R.S.K., Kanwil DJPb Riau, dan 5 KPKNL Lingkup Kanwil DJKN R.S.K. untuk saling berbagi pengalaman dan tips dalam pencapaian target IKKPA.

Berbuah Manis

Upaya pembenahan baik intenal maupun koordinasi eksternal berbuah manis, ditahun 2023 Kanwil DJKN R.S.K. untuk pertama kalinya berhasil memenuhi target IKKPA. Dari target 95,5% tercapai 95,88%. FGD yang dilakukan dengan melibatkan Kanwil DJPb Riau dan KPKNL juga berbuah manis, IKKPA KPKNL Padang dan KPKNL Dumai yang ditahun 2022 tidak tercapai berhasil dicapai ditahun 2023. Sambil menyelam minum air, fungsi kanwil selaku superintendent juga berhasil dituntaskan dengan baik.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini