Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
Semua untuk Satu, Satu untuk Semua
N/a
Rabu, 06 Mei 2015   |   12433 kali

Banjarbaru - Dalam rangka peningkatan kualitas pegawai khususnya dalam hal kerja sama antar pegawai, diadakan acara Capacity Building mengenai motivasi dan pelatihan soft skill di ruang rapat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng) pada Rabu, 29 April 2015. Capacity Building ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, inspirasi, kreativitas para pegawai dalam bekerja serta meningkatkan teamwork dalam mencapai tujuan organisasi, dengan motto “Semua untuk satu, satu untuk semua”.

Acara Capacity Building dipandu Totok Soeprijanto, Widyaiswara Senior dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan (BPPK).  Pada sesi ini Totok memberikan motivasi-motivasi kepada para pegawai. Motivasi di antaranya berupa pemaparan materi reformasi birokrasi yang diselingi dengan tayangan cerita atau adegan dalam video kisah hidup orang bahkan binatang yang berhasil mengatasi kesulitan dengan segala keterbatasan.  Dicontohkan bahwa seekor burung elang ketika telah mencapai usia 40 tahun, dia memiliki pilihan yaitu mati diusia 40 tahun atau hidup terus sampai usia 70 tahun tetapi dengan syarat yang sangat berat, yaitu burung elang tersebut harus menanggalkan paruh, bulu-bulu sayap dan kuku cakarnya melalui proses yang sangat menyakitkan. Namun setelah proses itu dilalui, ia akan terlahir kembali sebagai elang yang akan bertahan untuk 30 tahun kedepan. Perumpamaan tersebut sedikit banyak bisa dihubungkan dengan organisasi DJKN yang tengah dalam proses perubahan.  Perubahan tersebut menuntut kita untuk dapat menyesuaikan diri agar dapat bertahan dalam perubahan tersebut.

Selain itu para pegawai diajak untuk mengikuti permainan menarik, antara lain permainan survei. Permainan ini bertujuan untuk saling mengenal diantara para pegawai dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, sekaligus sebagai sarana instrospeksi diri.  Hal ini penting karena dalam sebuah teamwork, anggota tim harus mengenal satu dengan yang lainnya, jelas Totok saat akan memulai  permainannya.

Harapan Totok Soeprijanto, dari semua ini nantinya dapat lebih memotivasi dan menginspirasi para pegawai dalam bekerja. Selain itu, Totok S, tidak lupa memotivasi para pegawai  dari sisi spiritual sebagai pendorong insan Kementerian Keuangan untuk terus meningkatkan potensinya, senantiasa melakukan perubahan kearah yang lebih baik, serta menghindari perbuatan-perbuatan yang tercela dan merusak. Di samping dapat merugikan diri sendiri juga akan merugikan organisasi. “Semoga kebersamaan ini terus kita jaga dan DJKN akan terus dapat terbang seperti burung Elang di udara,” tutupTotok di akhir acara. (Penulis/Foto:Joko Hermono, Edi M, H.Rahman/Bidang KIHI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini