Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah > Berita
Dialog Interaktif RRI Banjarmasin, Kenalkan Program Keringanan Utang
Ellynda Kusuma Anggraeni
Senin, 30 Mei 2022   |   105 kali

Banjarmasin - Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi DJKN, Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah melakukan Kegiatan Sosialisasi mengenai Crash Program dan Pojok SMV oleh narasumber Kepala Bidang Piutang Negara, Indra Eka Putra dan Special Mission Vehicles (SMV) Icon Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Junaedi melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin yang berlangsung on air pada Pro 1 Radio Republik Indonesia 97.6 FM disiarkan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (30/5).

Dalam dialog interaktif tersebut, Kepala Bidang PN menyampaikan, “Utang adalah kewajiban, baik yang timbul dari Undang-Undang maupun perjanjian yang harus dibayar oleh kreditur kepada debitur”

“Piutang Negara adalah jumlah uang yang wajib dibayar kepada Pemerintah Pusat dan/atau hak Pemerintah Pusat yang dapat dinilai dengan uang sebagai akibat perjanjian atau akibat lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau akibat lainnya yang sah”, tambahnya.

Kepala Bidang PN juga menyampaikan, ”Dalam pengurusan piutang negara/daerah terdapat Program Keringanan Utang atau Crash Program. Hal tersebut tertuang dalam PMK 11/PMK.06/2022 tentang Penyelesaian Piutang Pemerintah yang Diurus/Dikelola oleh PUPN/DJKN dengan mekanisme Crash Program Tahun Anggaran 2022, sebagai langkah pemerintah untuk melakukan pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi Covid-19.”

Selain itu, Objek Crash Program antara lain, Debitur UMKM dengan pagu kredit paling banyak Rp5 miliar, penerima KPRS/RSS dengan pagu kredit paling banyak Rp100 juta, Debitur dengan sisa kewajiban paling banyak Rp1 miliar.

Pada kesempatan ini, SMV Icon juga menyampaikan pemahaman mengenai SMV dan apa saja SMV dibawah Kementerian Keuangan.

Pada kesempatan ini Kepala Bidang Piutang Negara beserta jajaran sekaligus bersilaturahmi dengan Kepala RRI Banjarmasin, Retno Desy Swasri beserta jajaran.

Harapannya kolaborasi antara DJKN dengan RRI dapat berjalan lebih baik kedepannya serta Tugas dan Fungsi DJKN juga semakin dipahami oleh masyarakat umum khususnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini