Semarang - Rabu (12/10) Kegiatan Morning Call Ciptakan Inovasi atau akrab disebut Mocacino Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY kali ini menghadirkan suasana yang
berbeda. Berkolaborasi dengan Bank Mandiri, Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY
memberikan ilmu baru terkait dengan pelayanan dan Manajemen Keuangan. Hal ini membuat
antusias pegawai membara mengikuti kegiatan yang diselenggarakan secara hybird ini.
Pukul
8:30 WIB tepat kegiatan dimulai. Mahmudsyah, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan
DIY memberikan sambutannya. “Pelayanan yang terbaik (service excellent) sangat
dibutuhkan oleh kita mengingat kita sering berhubungan dengan pengguna jasa.
Kita juga ternyata baru tahu bahwa melayani juga perlu ilmu khusus.” papar Mahmud.
Menurut Kakanwil yang menjabat sejak tahun 2019 ini, setiap pegawai dari setiap
level perlu memahami bagaimana melayani pengguna jasa dan paham kebutuhannya.
Setelah
sambutan dari Mahmudsyah, acara dilanjutkan oleh sambutan dari Manajer Cabang
Semarang Bank Mandiri, Ura Patria. Ura mengutarakan bangga dan rasa terima
kasih Bank Mandiri atas segala kerja samanya dengan DJKN. “Kita (DJKN dan Bank
Mandiri) yang sama-sama bagian dari Pemerintah Indonesia, bersama-sama bersinergi
demi Indonesia yang lebih maju.” Papar Ura. Setelah sambutan, acara dilanjutkan
dengan Selayang Pandang tentang Pelayanan yang disampaikan oleh Service Quality
Officer Bank Mandiri, Bima Pradana. “Pelayanan yang baik, harus memahami dua hal.
Pertama, mengapa pelayanan diberikan dan kedua adalah seberapa penting pelayanan
itu harus diberikan.” Sambung Bima. Menurutnya, pelayanan merupakan senjata
utama bagi perbankan bagi menjaga pelanggannya, dan alangkah baiknya cara
pandang yang seperti itu juga dipegang oleh instansi-instansi pemerintah,
khususnya DJKN. (Penulis: unggul Aji Mulyo)