Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Simak, Tips Bangun Budaya Kerja Yang Berorientasi Pelayanan Prima
Aris Abdul Majid
Selasa, 27 April 2021   |   4604 kali

Semarang Negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik dan pelayanan administratif. Service Excellent merupakan suatu pelayanan yang terbaik dan memenuhi standar kualitas suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan masyarakat atau stakeholder. “Kita harus membudayakan bekerja dengan berorientasi pada pelayanan prima (excellent service) dan fokus pada hasil nyata yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan”, ujar Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mahmudsyah saat memberikan sambutan dalam kegiatan Webinar Build a Response to Realize Excellent Service yang diselenggarakan KPKNL Surakarta pada Selasa (27/04) secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan juga live melalui  kanal youtube KPKNL Surakarta.

Dalam arahannya, Mahmudsyah menyampaikan “KPKNL Surakarta beserta jajarannya harus dapat menjadi role model dalam pemberian service excellent ini kepada stakeholder internal maupun eksternal dalam rangka mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di KPKNL Surakarta”.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman menyampaikan dengan budaya excellent service diharapkan mendukung tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayanan masyarakat. “Stigma negative terhadap ASN dan Birokrasi harus dapat dihilangkan dan masyarakat sebagai pengguna jasa/layanan dapat terpuaskan oleh pelayanan yang diberikan ASN”, ujar beliau.

Emotion Modifier Trainer Siti Djauaroh hadir sebagai narasumber pada webinar ini menyampaikan pemaparannya yang mengangkat tema Build a Respon to Realize Service Excellent. Dalam paparannya Siti menyampaikan mindset yang benar akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa serta membuat organisasi makin tumbuh lebih baik, hubungan kerja harmonis dan respon pengguna layanan terpuaskan. Respon yang diperlukan dalam excellent service adalah diatas expected/seharusnya dan tekad yang kuat dari pegawai sangat dibutuhkan dalam membangun respon.

Siti juga menjelaskan tiga hal untuk mendapatkan respon maksimal yang harus dimiliki dalam diri pegawai  antara lain purpose/tujuan, visi dan legacy. “Kita tidak akan berkembang jika tidak ada gambaran jelas tentang tujuan hidup, tujuan harus dicanangkan, kemudian menjelmakan ke dalam visi yang terukur dan dapat dieksekusi, dengan sendirinya akan ada legacy bermanfaat yang ditinggalkan di lingkungan kerja setelah keseluruhan visi dilaksanakan”, ungkap Siti.

Dengan webinar ini diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pegawai di lingkungan DJKN khususnya Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. (Tulisan/Foto : A.A. Majid/Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini