Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Kakanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta: Pertahankan Trust Masyarakat
Khoirul Umam
Selasa, 30 Januari 2018   |   211 kali

Purwokerto – Pembinaan perdana digelar di awal tahun oleh Bidang Lelang Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kamis (25/1/2018) dilakukan kegiatan In House Training Pejabat Lelang Kelas I sekaligus Sosialisasi Keputusan Dirjen Kekayaan Negara  tentang Risalah Lelang bagi Pejabat Lelang dan modul aplikasi risalah lelang. Momentum berharga ini juga dimanfaatkan untuk sharing Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pelelang.

Kepala KPKNL Purwokerto, Purwono mengungkapkan kegembiraan sekaligus kebanggaannya telah dipercaya menjadi tuan rumah. ”Selamat datang dan terima kasih, kami bangga dipercaya menjadi tuan rumah acara ini,” ungkapnya.  Purwono menambahkan bahwa tantangan lelang semakin tinggi, target kinerja lelang dinaikkan 25% dan permasalahan hukum yang timbul semakincomplicated sehingga untuk mengelola dan menyelesaikannya dibutuhkan pejabat lelang yang kapabel.

Sebelumnya, membuka acara, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Tavianto Noegroho mengapresiasi kerja keras Pejabat Lelang Kelas I sehingga target tercapai.

“Target kita tercapai dengan baik. E-Auction kita paling tinggi di seluruh Indonesia. Semangatnya dijaga ya,” ungkapnya.

Tavianto meminta agar Pejabat Lelang Kelas I menjaga kepercayaan masyarakat. Pejabat Lelang Kelas II bukan saingan Pejabat Lelang Kelas I karena domainnya beda. Keduanya diminta berlomba-lomba menarik masyarakat untuk mengikuti lelang DJKN.

“Faktanya masyarakat trust pada Pejabat Lelang kita. Ini fakta yang harus dipertahankan,” ucapnya.

Kepala Bidang Lelang Prastowo Soebagio menyampaikan bahwa Bidang Lelang sengaja mengadakan pembinaan pada awal tahun sebagai evaluasi tahun sebelumnya sehingga dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kapabilitas Pejabat Lelang Kelas I pada khususnya.

Hal tersebut juga melatarbelakangi diangkatnya tema  ‘Penguatan Kapabilitas Pejabat Lelang Kelas I, menuju lelang yg aman, Unggul, dan Terpercaya.’ Demikian Prastowo menjelaskan. “Untuk itu dibentuk dua komisi, yaitu komisi A yang membahas permasalahan internal dan Komisi B yang membahas masalah eksternal.” Paparnya.

Acara dihadiri para Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang beserta Pejabat Lelang Kelas I. Hadir juga Kepala Bidang Lelang dan Kepala Seksi Bimbingan Lelang II beserta staf. Hadir sebagai tamu dari Direktorat Lelang, Direktorat PKNSI, dan Bagian Umum.

Momentum berharga ini dimanfaatkan untuk sosialisasi materi terkait. Istina Setya Lestari dari Direktorat Lelang mensosialisasikan Risalah Lelang bagi Pejabat Lelang dan dilanjutkan Sosialisasi Modul Aplikasi Risalah Lelang oleh Wisnu Yogaswara dari Direktorat PKNSI. Terakhir disampaikan tentang Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pelelang oleh Priyanto Nugroho dari Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Selanjutnya para peserta berdiskusi sesuai komisinya untuk menginventarisasi permasalahan dan dicari solusi terbaik untuk direkomendasikan.

Pada hari berikutnya, Jumat (26/1/2018) dilanjutkan kegiatan pemaparan hasil diskusi oleh masing-masing komisi dan dibahas bersama. Komisi Internal yang dipimpin oleh Kepala KPKNL Surakarta, Moh. Arif Rochman menghasilkan 7 rekomendasi sedangkan Komisi Eksternal yang dipimpin Kepala KPKNL Pekalongan, Marhaeni Rumiasih menghasilkan 10 rekomendasi.

Tavianto pada kesempatan ini menekankan adanya unit yang mengontrol pada masing-masing permasalahan. Dia juga mengungkapkan puas dengan diskusi yang telah dilakukan dengan cukup antusias sampai larut malam dan menghasilkan rekomendasi yang solutif.

Untuk efisiensi waktu, pada kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan Harmonisasi dan Verifikasi Peringkat dan Jabatan Pelaksana Tahun 2018 yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Umum Syukri Asyhadhy. Setelah dibahas pada masing-masing KPKNL, dilakukan verifikasi dan harmonisasi yang melibatkan seluruh KPKNL.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini