Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Safari Ramadhan, Narasi Urgensi Efisiensi
Khoirul Umam
Kamis, 22 Juni 2017   |   414 kali

Semarang – Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tavianto Noegroho melakukan rangkaian kegiatan yang cukup panjang secara berkelanjutan pada Bulan Suci Ramadhan dalam rangka pembinaan dengan mengunjungi setiap unit kerja di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Rangkaian kegiatan bertajuk Safari Ramadhan 1438 H ini merupakan sebuah narasi yang mengandung sebuah pesan yaitu urgensi efisiensi.

Safari Ramadhan diawali dengan kegiatan santunan anak yatim di KPKNL Purwokerto (7/6). Mengingat besarnya keutamaan dan pahala orang yang menyantuni anak yatim, KPKNL Purwokerto setiap tahun menyelenggarakan kegiatan yang mulia ini. Sebanyak 20 anak yatim terlihat berbahagia menjadi bagian dari keluarga KPKNL Purwokerto. Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan Kepala Kanwil, buka bersama, dan diakhiri dengan ceramah agama sekaligus tarawih bersama. Tarawih keliling (tarling) sudah menjadi agenda rutin Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY.

Pada hari berikutnya, Safari Ramadhan bertempat di KPKNL Tegal (8/6). Pukul 16.00 WIB para pegawai telah bersiap di ruang aula untuk menyambut kedatangan Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY beserta tim. Terlihat beberapa pegawai membawa anggota keluarga. Setelah sambutan Plt. Kepala KPKNL Tegal, Tavianto menyampaikan arahannya yang substansinya senada dengan arahan sebelumnya yaitu berkaitan dengan work-life-balance.

Work-life-balance menjadi bagian yang penting dalam upaya efisiensi pelaksanaan tugas.,” tegas Tavianto. Hal ini merupakan prinsip yang menyeimbangkan kehidupan kerja, kehidupan keluarga dan kehidupan sosial melalui pemanfaatan jam kerja secara efektif dengan tetap memperhatikan tanggung jawab dan penyelesaian pelaksanaan tugas. Tavianto mencontohkan salah satu pegawai yang mempunyai kinerja baik dan mampu berperan aktif di lingkungan masyarakat sebagai Ketua RW.

Pekan berikutnya, safari ramadhan di GKN Semarang II (13/6) yang dihadiri pegawai Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan KPKNL Semarang dilanjutkan ke KPKNL Pekalongan (14/6). Para pegawai tidak henti-hentinya tertawa menyimak ceramah agama dibungkus humor segar nan cerdas oleh Ustadz Fahrur Rozi, Dai kondang di Kota Semarang. Pada kesempatan ini, Tavianto mengajak gerakan efisien dimulai dari diri sendiri dari hal kecil seperti mematikan lampu, tidak boros kertas, tidak lupa mematikan AC, tidak lupa mematikan komputer dan sebagainya. Kalau hal tersebut disadari dan dilaksanakan secara serempak sudah pasti akan menghemat anggaran. “Berpikir global, bertindak lokal”, tuturnya mengakhiri arahan.

Pekan terakhir, safari ramadhan dilaksanakan di KPKNL Surakarta (19/6). Momentum ini juga dimanfaatkan untuk memantau persiapan KPKNL Surakarta mengikuti lomba kantor pelayanan yang terbaik sekaligus mengapresiasi para Duta Kekayaan Negara (Duta KN) di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kanwil hadir untuk selalu memberikan dukungan nyata. Kepala KPKNL Surakarta, Arif Rochman setelah melaporkan perkembangan persiapan mengucapkan terima kasih atas support penuh Kanwil dan mengungkapkan rasa optimis menghadapi lomba. Kepada para Duta KN, Tavianto menyampaikan bahwa memang berat menjadi role model namun ia berpesan bahwa habit untuk menjadi role model cukup melakukan hal-hal baik dengan sederhana, langsung, lakukan saja tanpa berpikir lama.

Safari Ramadhan 1438 H Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY ditutup di KPKNL Yogyakarta (20/6). Dalam arahannya, Tavianto kembali menegaskan bahwa efisiensi seharusnya tidak mengurangi kinerja dan outcome. “Kualitas perencanaan dan pelaksanaan menjadi bagian penting dalam pencapaian outcome,” ungkapnya dengan semangat. Hal ini tidak ada hubungannya dengan penyerapan anggaran, akan tetapi lebih kepada seni atau kualitas dari perencanaan kegiatan/persiapan yang jelas, penyerapan hanya ikutan saja. Hal ini dikarenakan adanya perubahan budaya, cara berpikir, sikap saling mengingatkan dalam bekerja yang lebih baik, efektif, dan efisien.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1438 H telah usai membawa harapan agar internalisasi gerakan efisiensi dapat diaplikasikan dan dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan sesuai Instruksi Menteri Keuangan Nomor 346/IMK.01/2017 tentang Gerakan Efisiensi sebagai Bagian Implementasi Penguatan Budaya Kementerian dan menuju Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang lebih baik.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini