Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Lelang di Luar Hari Kerja Demi Optimalisasi Lelang
Khoirul Umam
Rabu, 14 Juni 2017   |   177 kali

Semarang – Banyak kegiatan yang diadakan oleh Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta pada awal bulan Juni sekaligus awal ramadhan yang didokumentasikan oleh Tim Humas, mulai Pekan Pancasila sampai dengan Safari Ramadhan 1438 H. Salah satu kegiatan yang cukup menyita perhatian karena dilaksanakan di luar jam dan hari kerja adalah Lelang Noneksekusi Sukarela. Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebagai Superintenden juga hadir dalam acara ini untuk melakukan pemantauan lelang dalam rangka pembinaan dan pengawasan. Hari itu juga, Tim Humas menuju ke tempat acara dimaksud untuk mendokumentasikan.  

Setelah mendapat persetujuan Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta untuk melaksanakan Lelang Nonekskusi di luar jam dan hari kerja, PT. Balai Lelang Serasi menggelar Lelang Noneksekusi Sukarela pada hari Sabtu, tanggal 10 Juni 2017 bertempat di Hotel Andelir Altius Semarang.

Tepat pukul 14.00 WIB Lelang dibuka oleh Purwitaningsih selaku Pejabat lelang Kelas II sekaligus pembacaan Kepala Risalah Lelang. Selanjutnya acara dipandu oleh pemandu Lelang/ Afslager. Penawaran dilakukan secara lisan naik-naik dengan bid Rp500.000,00 untuk roda empat dan Rp100.000.00 untuk roda dua.

Sebanyak 55 peserta berpartisipasi dalam lelang ini. Sebelumnya, para peserta telah dipersilakan cek fisik pada hari Rabu sampai Jumat tanggal  07 sampai 09 Juni 2017. Adapun objek lelang berupa kendaraan bermotor roda dua sejumlah 13 (tiga belas) unit dan kendaraan roda empat sejumlah 82 unit milik PT. Serasi Mitra Mobil.

Pelaksanaan lelang sangat menarik. Peserta lelang yang cukup banyak secara otomatis terjadi persaingan penawaran yang cukup baik, sehingga harga lelang yang terbentuk relatif maksimal. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Jumanto, Kepala Seksi Bimbingan Lelang I  Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang hadir untuk melakukan pemantauan lelang dalam rangka pembinaan dan pengawasan. “PT Balai lelang Serasi sangat profesional dalam menyelenggarakan lelang,” ungkapnya. Sebanyak 45% objek lelang terjual dalam lelang ini. Jumanto menambahkan bahwa persentase objek lelang yang terjual relatif lebih besar dari lelang-lelang sebelumnya.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Purwitaningsih, Wanita yang meraih penghargaan Pejabat Lelang Kelas II terbaik se-lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta selama 2 (dua) tahun terakhir yang bekerja dengan profesional. Ditemui selesai acara, Purwitaningsih mengungkapkan kebahagiaannya atas kelancaran acara. Dia menambahkan bahwa Lelang dilaksanakan di luar jam dan hari kerja disamping untuk mendapat harga lelang yang maksimal, juga karena pihak penjual mengejar target lelang pada Semester I tahun 2017 karena 2 (dua) minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri pihak PT. Balai Lelang Serasi tidak melaksanakan lelang.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini