Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Kanwil BPN Jawa Tengah Serius Tuntaskan Sertifikasi BMN
Edy Rusbiyantoro
Jum'at, 05 Mei 2017   |   391 kali

Semarang - Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengadakan Rapat Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2017 pada Jumat (28/04/2017) bertempat di Aula GKN Semarang II.

Acara itu dihadiri beberapa pihak, antara lain, KPKNL lingkup Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi  Jawa Tengah,  Kantor Pertanahan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta Satuan Kerja terkait.

Tavianto Noegroho, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta membuka acara sekaligus menyampaikan urgensi sertifikasi BMN. Disampaikan bahwa Presiden berbicara secara tegas tentang optimalisasi Kekayaan Negara, Kekayaan Negara diharapkan dapat memberikan multi efek yang betul-betul dirasakan masyarakat, tidak hanya dalam konsep melaksanakan tugas yang lebih besar yaitu pelaksanaan pembangunan nasional tetapi juga opportunity penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Apabila administrasi dan pengelolaan aset dilakukan dengan baik tentu hal ini bisa tercapai namun BMN harus sudah disertipikasi, “Basisnya adalah sertipikasi,” ungkapnya. Tavianto menambahkan bahwa pihaknya akan selalu mendorong Satuan Kerja dan pihak BPN untuk segera menyelesaikan target sertipikasi.

Suwitri Irianto, perwakilan dari Kanwil BPN Jawa Tengah menyampaikan bahwa pihaknya akan serius dalam menyelesaikan target sertipikasi. Target sertipikasi BMN sejumlah 176 bidang sedangkan target sertipikasi tahun 2017 sebanyak 393.000 bidang yang harus diselesaikan oleh BPN di wilayah Jawa Tengah atau 0,5% dari target keseluruhan. “Diharapkan keseriusan kantor pertanahan di daerah dalam sertifikasi BMN sehingga selesai dengan tepat dan benar serta tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tuturnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Sugeng Harijadi memaparkan perkembangan pelaksanaan sertipikasi BMN. Realisasi pelaksanaan program sertipikasi BMN berupa tanah Tahun 2016 untuk wilayah Jawa Tengah mencapai 124 % untuk 186 bidang, sedangkan target  tahun 2017 sebanyak 176 bidang sesuai dengan Surat Keputusan Kanwil BPN Jawa Tengah Nomor 342/10.33-300/II/2017. Sugeng mengapresiasi komitmen pihak BPN untuk serius mencapai target sertifikasi BMN tahun 2017. Disampaikan pula kendala-kendala yang dihadapi di Tahun 2016 sehingga diharapkan dapat diantisipasi untuk pelaksanaan sertifikasi Tahun 2017.

 (Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini