Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Berita
Penandatangan Berita Acara Serah Terima Suku Cadang Pesawat F-5E/F
Henny Purwanti
Sabtu, 24 Juni 2023   |   177 kali

Pada hari Jumat 23 Juni 2023, telah dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hibah Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) cq. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berupa suku cadang Pesawat F-5E/F kepada Kementerian Pertahanan Nasional Republik Tunisia cq. Angkatan Udara Pemerintah Tunisia bertempat di Gudang Persenjataan Pusat 4 Satguddiapus Pusbekmatau Lanud Adi Sumarmo Surakarta.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar Republik Tunisi untuk Republik Indonesia - Riadh Dridi, Perwakilan Ditjen Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Kepala Dinas Materiel Angkatan Udara – Marsma TNI Ismail Manan, SE., MM., Kepala Pusat Pembekalan Materiel Angkatan Udara – Marsma TNI Nur Surachman, SE., MM., Perwakilan Logistik TNI, Perwakilan Logistik TNI AU, Perwakilan Pusat BMN Baranahan Kemhan RI, Perwakilan Dinas Aeronautika AU, Perwakilan Lanud Adi Sumarmo, serta Kepala Seksi  Pengelolaan Kekayaan Negara II Kanwil DJKN DKI Jakarta – Radityarini Pranawengrum.

Sesuai amanat dalam Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 3 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemindahtanganan Barang Milik Negara (BMN) selain Tanah dan/atau Bangunan di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI, dijelaskan bahwa Pengguna Barang dalam hal ini Menteri Pertahanan mempunyai kewenangan dan tanggung jawab mendatangani Perjanjian dan Berita Acara Pemindatanganan BMN setelah mendapat persetujuan dari Pengelola Barang dalam hal ini Menteri Keuangan.

Proses pemindahtanganan dengan cara hibah ini  telah melalui prosedur kajian yang matang dengan mempertimbangkan berbagai aspek yaitu teknis, ekonomis, politis, dan strategis serta telah memenuhi mekanisme sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemberian hibah suku cadang Pesawat F-5E/F ini diharapkan dapat mempererat hubungan kerjasama antara kedua negara.

 

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Senen, Jakarta Pusat 10410
+62 21 34835141
+62 21 3441403
kanwildjkn7@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini