Kuningan-Kanwil DJKN Jabar sukses melaksanakan kegiatan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) dan Workshop Pembangunan Karakter Budaya Melayani yang diselenggarakan pada hari Rabu s.d. Jumat, 11 s.d. 13 Oktober 2023. Bertempat di Satker Pelabuhan Perikanan Nusantara, Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho, pada hari Rabu (11/10). Dalam kesempatan pembukaan tersebut dirangkai juga materi Workshop Service Execellent yang menghadirkan narasumber Kepala Pendukung Operasional Wilayah Jabar dan Kepala Service Quality Bank Central Asia, Yanni Tjahjani dan Heni Yuliani.
Membuka acara Tavianto Noegroho menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi dalam penyelesaian tugas dan fungsi unit kantor vertikal di Lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat, khususnya dalam penyelesaian tugas di bidang lelang, pengurusan piutang negara, pengelolaan Kekayaan Negara/Barang Milik Negara serta penilaian. "Terlebih lagi terdapat beban kerja yang cukup tinggi pada beberapa kantor yang hal ini memerlukan mitigasi risiko yang tepat," tutur Tavianto.Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan dan memberikan usulan perbaikan terhadap permasalahan dan tantangan penyelesaian kinerja tuntas berkualitas pada unit vertikal DJKN, khususnya di Lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat, diselenggarakan juga FGD terkait pelayanan di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara dan Lelang. FGD diawali dengan pemaparan materi mengenai Eskalasi Layanan Lelang Menuju Lelang yang Modern dengan menghadirkan narasumber Kasubdit Kebijakan Lelang, Direktorat Lelang, DJKN Diki Zenal Abidin. Diki menyampaikan pembahasan mengenai progress modernisasi lelang melalui re-engineering portal lelang Indonesia, penyempurnaan kaidah lelang melalui perbaikan regulasi lelang serta menambahkan pengaturan baru dalam RPMK dan RUU Perlelangan.
Di sela-sela padatnya rangkaian DKO, Kanwil DJKN Jawa Barat juga menyelenggarakan talkshow “Peningkatan Pelayanan dan Pembangunan Karakter Budaya Melayani” dengan menghadirkan narasumber Widyaiswara Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan, Bapak Hari Sugiarto. Hari Sugiarto dalam pemaparannya memberikan insight terkait cara kerja tuntas berkualitas, diawal materinya Hari menyampaikan pentingnya menetralkan ego agar kita dapat menumbuhkan kecintaan pada pekerjaan sehingga dapat bekerja dengan tuntas berkualitas. Menurunkan Ego dapat memberikan energi yang tak terhingga dalam setiap kegiatan sesuai dengan konsep 6 tahap perkembangan moral. Selanjutnya Hari menjelaskan mengenai komunikasi sebagai kunci keberhasilan dalam rangka memberikan pelayanan prima, pelayanan yang terbaik untuk memenuhi kepuasan pemangku kepentingan. Pun dalam berkomunikasi kita harus tetap memperhatikan ego, motif dan persepsi agar dapat terciptanya komunikasi yang efektif.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan permasalahan dan tantangan penyelesaian kinerja tuntas berkualitas terkait pelayanan di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara dan Lelang oleh masing-masing komisi kerja yang telah ditetapkan. Kegiatan yang berlangsung hingga larut malam tersebut diakhiri dengan penyampaian butir-butir kesepakatan dan usulan perbaikan oleh masing-masing komisi kerja, sebagai bentuk komitmen unit kerja di Lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan agar tercipta kinerja tuntas berkualitas. (informasi, Jabar)