Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION PENGUATAN NILAI DAN BUDAYA KEMENTERIAN KEUANGAN
Nenden Maya Rosmala Dewi
Kamis, 18 Juni 2020   |   244 kali

Kanwil DJKN Jawa Barat melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion tentang Penguatan Nilai-nilai dan Budaya Kementerian Keuangan di Lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat ( Rabu 17/6/20). FGD ini diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN Jawa Barat. Dijelaskan oleh PIC kegiatan yaitu Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Tantri Dewayani, bahwa kegiatan ini merupakan amanah dari Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat untuk memastikan kesiapan seluruh pegawai dalam implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan dan budaya Kementerian Keuangan dalam menghadapi suasana kerja di masa era new normal. Sebagaimana diketahui bahwa di Kementerian Keuangan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 223 Tahun 2020 diberlakukan Fleksibel working space yang memberikan fleksibilitas lokasi bekerja selama periode tertentu dengan memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. Fexible working space (FWS) akan menjadi budaya baru dalam bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam proses adaptasi menuju era FWS sebagai New Normal pasca pandemi Covid-19 tersebut, dibutuhkan komitmen yang tinggi, integritas, kemampuan bekerja secara mandiri dan pelaksanaan pekerjaan yang berorientasi pada output.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat juga menegaskan bahwa saat pelaksanaan FWS, diperlukan adaptasi, komitmen dan komunikasi yang efektif. Komunikasi merupakan kunci utama untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal di masa WFH/FWS. Hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi adalah  pilihan alat komunikasi dan penguatan komunikasi, dengan menimbang prinsip efektif dan efisien. Selanjutnya pria berkacamata yang akrab dipanggil Pak Tav ini menegaskan beberapa point yang diharapkan bisa dicapai oleh seluruh jajaran Kanwil DJKN Jawa Barat adalah kualitas output dari pelaksanaan pekerjaan selama WFH atau FWS yang tercermin dari fitur MyTask (Tugas Saya) pada aplikasi Nadine dan logbook, meningkatnya kepercayaan diri para pegawai yang bisa ditandai dengan adanya inovasi baru yang lahir dari pengamatan (metoda ATM = Amati-Tiru-Modifikasi) terhadap semua nota dinas/notulen rapat/diskusi, atau inisiatif dari pegawai sendiri karena wawasan yang luas dan mau belajar terus menerus serta dari pengamatan disekitar lingkungan kantor maupun rumah. Sehingga ada saja ruang pengembangan diri dan karakter dalam memenuhi espektasi pengguna jasa internal dan eksternal.

FGD berjalan seru karena moderator terus minta para peserta menjelaskan dan menajamkan materi diskusi yang disampaikan. Sayang karena kegiatan dilakukan siang hari, agak mempengaruhi jaringan sehingga beberapa peserta mengalami kesulitan untuk berperan aktif. Namun dengan sigap, host terus memberikan arahan agar mematikan video, keluar dulu dari Zoom Meeting dan langsung join lagi, sedikit banyak, membantu efektivitas komunikasi yang dibangun dalam FGD. Kemudian sesi terakhir diisi dengan kuis Kahoot yang berisi soal-soal seputar nilai-nilai Kementerian Keuangan, dan  lumayan menguji pemahaman para peserta.

Dari FGD ini diharapkan akan menambah wawasan dan penguatan soft competency para pegawai yang dapat dijadikan modal utama Kanwil DJKN Jawa Barat dengan MEREENAHnya (Melayani, Ramah, efektif, Efisien, Akuntabel dan Ikhlas) dalam rangka menyongsong era new normal dan juga langkah awal dalam mempersiapkan untuk membangun Zona Integritas ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat. (Humas Kanwil DJKN Jabar)

 

 

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini