Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Terwujudnya Pengelolaan Kekayaan Negara yang Akuntabel
N/a
Minggu, 22 Desember 2013   |   835 kali

Pandeglang – "Meningkatkan Peran Strategis Kanwil DJKN Banten Dalam Rangka Mewujudkan Pengelolaan Kekayaan Negara yang Akuntabel" merupakan tema Rapat Koordinasi Daerah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Rakorda Kanwil DJKN) Banten tahun ini, adapun materi yang akan di sampaikan terkait Capaian Indikator Kinerja Utama tahun 2013 serta rencana kerja di tahun 2014. Acara ini dihadiri 46 orang peserta pada jajaran Kanwil DJKN Banten yang berlansung selama 3 (tiga) hari (11- 13 Desember 2013) di Panaitan Room, Tanjung Lesung Resort Hotel, Pandeglang, demikian laporan Ketua Panitia Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Banten Kusumawardhani.

Dalam pembukaan Rakorda, Nur Purnomo selaku Kepala Kanwil DJKN Banten menyampaikan bahwa IKU Kanwil DJKN Banten sampai saat ini sudah berada dalam capaian yang optimal dan mengingatkan kinerja yang diukur dengan NKO berpengaruh dengan besaran tunjangan kinerja. Selanjutnya, Nur Purnomo menyampaikan kepada semua Bidang di lingkungan Kanwil DJKN Banten agar menunjukkan peran yang baik sehingga diharapkan tahun 2014 akan semakin baik, khususnya berkaitan dengan Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Barang Milik Negara (BMN) untuk satuan kerja (satker) harus diperioritaskan dan direncanakan dengan tepat. Terkait dengan terbitnya PMK Nomor 168/PMK.06/2013 tentang pengembalian Berkas Kerja Piutang Negara (BKPN), bersama Rakorda ini diharpkan akan tumbuhnya persamaan persepsi dan komitmen dalam menghadapi tantangan tahun 2014 dan menjadi bahan evaluasi yang bersinambungan.

Selanjutnya adalah paparan semua Bidang jajaran Kanwil DKJKN Banten, capaian IKU Kemenkeu Two sampai dengan bulan November 2013 Kanwil DJKN Banten secara keseluruhan sudah menunjukkan capaian optimal (status hijau) dan agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun 2014. Berkaitan dengan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2012 sudah diselesaikan dan disampaikan ke Kantor Pusat. Untuk Indeks Kepuasan Layanan Kanwil DJKN Banten adalah 4,20 sudah melampaui harapan Kantor Pusat. Secara umum penyampaian laporan sudah sesuai dengan ketentuan tepat waktu untuk rencana kerja tahun 2014 pada Seksi Kepatuhan Internal Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) dalam penyusunan LAKIP. Kemudian terkait dengan pembakuan laporan secara aplikasi agar dilakukan sharing of knowledge agar berjalan dengan baik. Capaian IKU Bidang Penilaian sebanyak 5 kegiatan sampai bulan November 2013 sudah tercapai termasuk temuan BPK terkait penilaian secara keseluruhan sudah selesai. Pelaksanaan kaji ulang laporan penilaian terhadap LHP para penilai KPKNL penekanannya bukan pada hasil penilaian namun pada prosedur penilaian yang harus sesuai dengan SE-08/KN/2009 dan SE-19/KN/2011. Target program percepatan sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2013 sebanyak 50 sertifikat, kemudian realisasi target utilisasi per 30 November 2013 sebesar 190%, jauh sudah melampaui dari target yang ditetapkan.

Sebaran satker yang ditangani KPKNL tidak merata dengan dukungan SDM yang tidak sama, penyelesaian kegiatan Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) dapat diatasi dengan meningkatkan pengawasan dan pengendalian SOP Layanan Unggulan PKN. Menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 157/KN/2013 tentang Pembakuan Laporan Kinerja di Lingkungan DJKN, hal-hal terkait PKN yang belum terakomodir dalam Rakorda akan ditindaklanjuti dengan pembahasan internal. Pada Bidang Lelang berdasarkan Addendum Kontrak Kinerja telah disepakati kenaikan terhadap target pokok lelang Kanwil DJKN Banten dan untuk mempercepat penyusunan laporan kegiatan lelang, softcopy laporan dapat dikirimkan terlebih dahulu agar tidak terlambat terkait dengan kurangnya SDM pada tingkat pelaksana di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL_ dan Kanwil khususnya pada Bidang Lelang dan pada Seksi Lelang.

Pemaparan terakhir oleh Bagian Umum terkait dengan perhatian terhadap e-performance agar dilakukan secara berkesinambungan pada masing-masing eselon III dengan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan. Dan pada masing-masing Bidang agar segera membuat perencanaan tahun 2014 sebagai acuan pelaksanaan tugas maupun untuk evaluasi.

Selain pemaparan dari para Kepala Bidang, adapun tujuan utama Rakorda ini merupakan momentum yang tepat untuk Kanwil DJKN Banten guna melakukan konsolidasi, meneguhkan komitmen, menyamakan persepsi menyatukan gerak langkah dalam melaksanakan tugas sehingga Kanwil DJKN Banten mampu bersaing dalam mewujudkan pelayanan yang prima dan mewujudkan cermin yang baik. ( Narasi: Agus Maisuri, Doni Indarto  dan Foto: Ahmad Syarifudin; Bid. KIHI Kanwil DJKN Banten)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254)210103/08111988084
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini