Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Nilai Kinerja Organisasi Triwulan III mencapai 105,07%, Kanwil DJKN Banten Yakin Tahun 2023 Ditutup Dengan Gemilang
Wisnu Herjuna
Rabu, 11 Oktober 2023   |   22 kali

Sampai dengan Triwulan III Tahun 2023, capaian kinerja Kanwil DJKN Banten menunjukan hasil yang optimal. Nilai Kinerja Organisasi Kanwil DJKN Banten menyentuh angka 105,07% atau diindikasikan dengan warna hijau.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, Des Arman, pada Rapat Dialog Kinerja Organisasi yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2023. Dalam kesempatan tersebut, Des Arman juga menyampaikan bahwa dari 20 Indikator Kinerja Utama (IKU), 13 (tiga belas) IKU telah mencapai target, 3 IKU masih belum mencapai target sedangkan terdapat 4 IKU yang pengukurannya baru akan dilaksanakan pada akhir periode tahun 2023.

IKU yang belum mencapai target pada Triwulan III 2023 diantaranya adalah Persentase bidang tanah yang disertifikatkan, Persentase Realisasi Pokok Lelang, Persentase Penurunan Outstanding Piutang Negara.

Dalam pemaprannya Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara menyampaikan bahwa Sertipikasi tanah masih terkendala dengan banyaknya tanah yang bermasalah baik secara administrasi maupun hukum yang menyebabkan satuan kerja kementerian/Lembaga belum dapat mengajukan pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan. Perkembangan permasalahan tersebut terus di pantau Kanwil DJKN Banten dan terus berkoordinasi dengan kantor pertanahan sehingga mendapatkan solusi yang efektif.

Terkait dengan realisasi pokok lelang, permasalahan yang dihadapi kurang lebih masih sama dengan Triwulan sebelumnya, yakni Masih terdapat Lelang TAP yang disebabkan oleh objek lelang yang tidak marketable dan masih berpenghuni. Selain itu, faktor penentuan nilai imit yang sampai dengan saat ini masih di harga pasar menyebakan objek lelang sepi peminat di pasaran.

Terkait Penuruan Outstanding Piutang Negara, Bidang Piutang negara yakin pada akhir periode tahun 2023 dapat tercapai. Hasil pencapaian kinerja pada triwulan ini disebabkan beberapa hal diantaranya target trajectory yang meleset dari perkiraan, dimana banyak debitur yang tidak mampu membayar sesuai dengan periode waktu yang seharusnya. Selain itu rencana lelang terhadap jaminan kredit atas nama debitur PT. Jayasunli belum dapat direalisasikan karena masih terkendala adanya 2 (dua) obyek tanah milik pihak lain yang berada di hamparan aset jaminan.

Secara keseluruhan setiap permasalahan dalam pencapaian kinerja telah dirumuskan rencana aksinya pada sisa periode tahun 2023 ini. Hal ini untuk memberikan gambaran yang jelas dalam proses pelaksanaan dan monitoringnya. Setiap Kepala Bidang dan Kepala KPKNL optimis bahwa rencana aksi tersebut dapat mempercepat pencapaian target kinerja pada tahun 2023.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254)210103/08111988084
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini