Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Tim Penilai Nasional ZI-WBBM Melihat Lebih Detail Inovasi Kanwil DJKN Banten
Wisnu Herjuna
Kamis, 05 Oktober 2023   |   67 kali

Masih dalam rangkaian penilaian Pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) yang telah dilaksanakan pada Bulan Agustus sebelumnya, pada Selasa (03/10), Tim Penilai Nasional WBBM hadir langsung di Kantor Wilayah DJKN Banten untuk melihat lebih dekat inovasi yang telah dikembangkan Kanwil DJKN Banten.

Tim Penilai Nasional tersebut terdiri dari 2 (dua) orang yang kesemuannya berasal dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam kesempatan tersebut, Tim Penilai Nasiona ZI-WBBM meminta Kanwil DJKN Banten memaparkan secara detail inovasi yang telah dikembangkan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa. Mulai dari manfaat, dampak langsung terhadap peningkatan kinerja hingga teknis pengeoperasiannya.

Terdapat 6 (enam) inovasi yang dipaparkan Kanwil DJKN Banten yang diantaranya adalah SIKAJUL, LIPAS, MONSTER PKN, DOKIN, OLDAT FOCUS PN, APT Online. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Banten, Djanurindro Wibowo, menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Banten telah membuat inovasi pada keseluruhan lini organisasi, mulai dari pelayanan, internal dan pengawasan. Hal ini sebuah Langkah positif karena memberikan dampak yang cukup besar pada performa kinerja Kanwil DJKN Banten secara keseluruhan.

Dalam pemaparan tersebut, Kanwil DJKN Banten menyampaikan bahwa Dari 6 (enam) inovasi yang telah dikembangkan, SIKAJUL merupakan  inovasi yang telah direplikasi oleh satuan kerja DJKN lainya yakni Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu. Aplikasi ini digunakan oleh Bidang Penilaian dan Pejabat Fungsional Penilai dalam melaksanakan kaji ulang laporan penilaian yang dibuat oleh KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Banten.

Poin yang ditonjolkan pada aplikasi ini adalah efisensi waktu pengerjaan kaji ulang dan standarisasi dalam pembototan nilai oleh pengkaji ulang. Aplikasi ini cukup mendapat perhatian dari Tim Penilai Nasional karena sesuai paparan Kanwil DJKN Banten, aplikasi ini merupakan salah satu kandidat inovasi yang diajukan DJKN untuk perlombaan inovasi pada tingkat Kementerian Keuangan.

Setelah SIKAJUL, tim penilai nasional meminta Kanwil DJKN Banten menyampaikan pemaparan inovasi satu persatu, mulai dari DOKIN, MONSTER PKN, LIPAS, APT Online dan OLDAT FOCUS PN. tidak terlalu jauh beda seperti SIKAJUL, Tim penilai Nasional meminta dipaparkan terkait manfaat, dampak yang diberikan dan meknisme pengoperasiannya.

Tim Penilai juga menyinggung terkait implementasi Manajemen Risiko pada Kanwil DJKN Banten. Tim Penilai ingin memastikan bahwa seluruh risiko yang mempunyai dampak negatif terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi dapat diidentifikasi pada profil risik. Risiko Fraud yang mempunyai dampak besar terhadap pelaksanaan kinerja dan citra organisasi di masyarakat juga diminta untuk diidentifikasi secara detail dan rinci.

Setelah pemaparan dan diskusi selesai dilaksanakan, Tim Penilai kemudian melanjutkan dengan tour office. Dalam tour office ini Tim Penilai melihat sarana prasarana yang ada ruang pelayanan terpadu Kanwil DJKN Banten. Tim Penilai mengecek hal-hal yang wajib ada di ruang pelayanan yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa.

Hasil Observasi ini kemudian akan dikompilasi dengan hasil penilaiaian sebelumnya untuk menentukan apakah Kanwil DJKN Banten layak mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Diponegoro No. 9 - 11 Serang - 42112
(0254)210103/08111988084
(0254) 210112
kanwildjknbanten@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini