Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Aceh > Berita
Cepat dan Berprestasi. Kantor Pertanahan Kabupaten Pidie Terima Penghargaan
Fajri Andari
Kamis, 22 Februari 2024   |   94 kali

Jakarta - Salah satu mitra utama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Aceh yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Pidie, meraih penghargaan pada Rapat Koordinasi Percepatan Pensertipikatan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah Tahun 2024 (22/02). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sari Pacific Jakarta dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, perwakilan seluruh Kantor Wilayah di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara DJKN, dan Direktur Pengaturan Tanah Pemrintah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, menyampaikan, “Pelaksanaan pensertipikatan BMN berhasil mencapai realisasi sebanyak 61.094 dari target sebanyak 49.131 bidang yang ditetapkan tahun lalu. Jika dilihat dari tahun 2013, trend keberhasilan pelaksanaan pensertipikatan BMN terus meningkat. Keberhasilan ini merupakan upaya sinergi dan komitmen kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan cq. DJKN, Kementerian ATR/BPN, dan seluruh Kementerian/Lembaga yang terlibat. Lebih lanjut, Rionald menyampaikan bahwa tantangan menyelesaikan pensertipikatan BMN terus meningkat. Pada tahun ini, target pensertipikatan BMN difokuskan kepada bidang tanah dengan luasan yang signifikan yang belum bersertipikat. Walaupun sampai dengan sekarang sebanyak 69,7 persen bidang tanah telah bersertipikat, namun sebanyak 55,12 persen luas bidang tanah pemerintah belum bersertipikat. Hal ini menjadi tantangan baru dalam program Percepatan Pensertipikatan BMN berupa Tanah TA 2024.

Tahun 2024 merupakan tahun ke-12 sejak Program Percepatan Pensertipikatan BMN berupa Tanah dijalankan pertama kali dari tahun 2013. Telah banyak prestasi yang telah dicapai bersama oleh Kanwil DJKN Aceh dan Kanwil BPN Provinsi Aceh. Komitmen bersama antara Kanwil DJKN Aceh, Kanwil BPN Provinsi Aceh, KPKNL, dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota kembali berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan pada tahun 2023. Kantor Pertanahan Kabupaten Pidie meraih penghargaan Capaian Terbanyak Penyelesaian Target Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pidie pada tanggal 22 Februari 2024 dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pensertipikatan BMN berupa Tanah TA 2024 di Jakarta.

Tahun ini, Kanwil DJKN Aceh mendapatkan target Sertipikasi BMN Berupa Tanah sebanyak 3.626 bidang tanah. Kanwil DJKN Aceh bersama KPKNL Banda Aceh dan KPKNL Lhokseumawe terus berkomitmen dan bersinergi bersama Kanwil BPN Provinsi Aceh dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota untuk menyelesaikan seluruh target yang ditetapkan dengan dukungan satuan kerja Kementerian/Lembaga yang ada di Provinsi Aceh. (Hendra Putra Irawan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini