Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tegal > Berita
Dorong Bangkitnya Pelaku UMKM, KPKNL Tegal Turut Ramaikan Gebyar Lelang UMKM 2022
Prasodjo Mulyo Pamudji
Kamis, 31 Maret 2022   |   113 kali

Tegal - KPKNL Tegal turut berpartisipasi dalam Perhelatan Gebyar Lelang UMKM dalam rangka memperingati 114 Tahun Lelang Indonesia yang dilaksanakan serentak oleh seluruh KPKNL di seluruh Indonesia. Tema yang diusung dalam perayaan 114 tahun lelang di Indonesia yakni "Bangkit dan Pulih Bersama Lelang Indonesia". Rabu (24/3), melalui aplikasi lelang.go.id KPKNL Tegal berhasil menjual 38 lot dengan 25 frekuensi lelang produk UMKM. 

Pelaksanaan lelang produk-produk UMKM ini bekerja sama dengan Rumah BUMN BNI dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tegal sebagai pihak pembina pelaku UMKM di wilayah Tegal dan sekitarnya. Produk yang dijual melalui lelang diantaranya makanan/minuman dalam kemasan, kain batik motif dan corak tegalan, sarung, kerajinan kayu dan lain sebagainya.

Lelang yang dilaksanakan secara close bidding melibatkan semua pelelang KPKNL Tegal yaitu Triyanto (Pelelang Ahli Muda), Agustina Lies Rahayu (Pelelang Ahli Muda), Lea Indriani (Pelelang Ahli Pertama) dan Arief Eko Prasetyo (Pelelang Ahli Pertama).

Ada beberapa kemudahan yang ditawarkan bagi penjual dan pembeli produk-produk UMKM melalui lelang. Program yang telah digalakkan sejak 2021 ini juga diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM dengan memanfaatkan teknologi. Pada Gebyar Lelang Produk UMKM 2022 ini DJKN juga menghadirkan beberapa fitur khusus yang memudahkan penjual dan peserta lelang. Beberapa di antaranya yaitu extended auction, lelang tanpa uang jaminan, serta menu khusus produk UMKM pada portal lelang.go.id.

Extended auction merupakan sebuah fitur penayangan lot lelang UMKM sampai dengan lot tersebut laku terjual dengan maksimal 3 kali tayang (tayang perdana, extended pertama, dan extended kedua). Fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mengiklankan produknya pada portal lelang.go.id lebih lama dari biasanya.

Fitur tanpa uang jaminan merupakan sebuah fitur dimana peserta lelang tidak perlu menyetorkan uang jaminan lelang sebelum pelaksanaan lelang. Hal ini memberikan kemudahan bagi calon peserta lelang sehingga diharapkan dapat meningkatkan animo kepesertaan lot lelang UMKM. Saat ini batas untuk mengikuti lelang untuk lot lelang UMKM tanpa uang jaminan adalah H-1 hari pelaksanaan lelang. Kedepannya, fitur ini akan dikembangkan sehingga peserta lelang tetap dapat mendaftar pada hari pelaksanaan lelang selama waktu penawaran lelang belum selesai.

Fitur menu khusus produk UMKM adalah sebuah fitur pengelompokan produk UMKM ke dalam satu “etalase” sehingga tidak tercampur dengan objek lelang lain. Fitur ini dihadirkan dalam bentuk toolbar pada portal lelang.go.id agar masyarakat dapat dengan mudah melihat dan memilih produk UMKM yang dihadirkan dari seluruh daerah di Indonesia.

Dengan menjual dan memperkenalkan produk-produk UMKM melalui lelang, KPKNL Tegal ikut berkontribusi memulihkan dan mendorong bangkitnya pelaku UMKM Indonesia khususnya di wilayah Tegal dan sekitarnya dari dampak pandemi Covid-19. Tunggu apalagi, #AyoIkutLelang melalui lelang.go.id

114 Tahun Lelang, pulih dan bangkit Bersama Lelang Indonesia

(Penulis : Prasodjo Mulyo Pamudji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini